GAYOTakengon

Press Realise

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Wakil Bupati, Firdaus SKM, pimpin rapat terbatas Persiapan ibadah sholat idul Fitri 1442 H, Rabu (28/4/2021).

Rapat yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Mursyid itu dilaksanakan di Ruang kerja Wakil Bupati Aceh Tengah, Rabu (28/4/2021).


Asisten Pemerintahan dan Kesra diawal rapat, menjelaskan dengan diadakannya rapat ini diharapkan peran aktif dari semua pihak terkait untuk bersama-sama merumuskan bagaimana pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri 1442 H tahun 2021 ini, dapat berjalan baik pun masih dalam situasi pandemi covid-19 yang kian merebak di daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Sementara itu Kepala Kemenag Aceh Tengah Saidi Bentara yang mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan salat idul fitri dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Kiranya dalam pelaksanan ibadah Idul fitri pada tahun ini kita tinggal menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Agama Nomor 04 Tahun 2021, terkait panduan bagi Umat Islam dalam melaksanakan ibadah pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 hijriah, yang sejalan dengan protokol kesehatan, serta sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi masyarakat dari resiko penyebaran Covid-19,” ungkap Saidi Bentara.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah Subhandhy menyampaikan agar pelaksanan salat Idul Fitri pada tahun ini kembali dilaksakan di Mesjid Ruhamah sebagaimana tahun sebelumnya, mengingat adanya lonjakan angka Covid-19, sekaligus sebagai upaya mengurai kerumunan jama’ah yang ditakutkan akan sulit diawasi dalam pelaksanan protokol kesehatan dimasa pandemi.

“Untuk pelaksanaan kegiatan perlu sesuai dengan peraturan Pemerintah yaitu selalu menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaanya, dan menurut hemat kami pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri akan lebih mudah diawasi penerapannya di lingkungan Masjid Ruhamah, daripada di Lapangan Musara Alun Kampung Belang Kolak I,” ujar Subhandhy, yang tiba usai mendampingi Bupati Aceh Tengah yang mengikuti Video Comference bersama Presiden RI Jokowi.

Sedangkan Wakil Bupati Aceh Tengah, sebelum menutup rapat tersebut, kembali menegaskan agar menginformasikan hasil rapat yang sudah dilaksanakan, memutuskan untuk mendukung penuh beribadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, asalkan tetap memenuhi protokol kesehatan.

“Yang ingin dicapai dari rapat ini adalah bentuk kegiatan yang diperbolehkan dalam kegiatan ibadah salat pada saat Idul Fitri, diharapkan peran aktif semua pihak demi kelancaran ibadah jamaah sholat Idul Fitri yang akan di selenggarakan nantinya, sekaligus terus waspada akan penyebaran Covid‐19 di wilayah Kabupaten Aceh Tengah nantinya,” tutup Firdaus.

Direncanakan dalam pelaksanaan ibadah Idul Fitri di Masjid Ruhamah Takengon tahun ini, akan bertindak sebagai Khatib Tengku Ridwan Qari dan selaku imam salat Idul Fitri 1442 hijriah, direncanakan Tengku Mustafa Kamal.

Tampak turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Kemenag Aceh Tengah, perwakilan Dinas Infokom, perwakilan Dishub Aceh Tengah, perwakilan Satpol PP, Kabag Kesra, Perwakilan PLN, PDAM, dan perwakilan reje kampung dan imam kampung sekitar kota Takengon.

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button