GAYOTakengon

46 Peserta di Gayo akan Ikuti Pekan Tilawatil Quran RRI Takengon

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) RRI Takengon akan berlangsung pada 13-15 April 2020 di Masjid Agung Ruhama Takengon.

Panitia telah menerima 46 peserta yang mengikuti 11 qori dan 6 qoriah, lomba cabang tahfidz diikuti 5 putra dan 6 peserta putri, serta lomba cabang tausyiah diikuti 7 putra dan 11 peserta putri.

“Untuk tahun ini ada tiga cabang lomba yang kita gelar yaitu tilawah, tausyiah dan tahfizd. Secara keseluruhan lebih dari 50 peserta yang mendaftar. Namun karena terkendala dengan batasan usia peserta, yakni 17 -30 tahun, maka hanya 46 peserta yang memenuhi persyaratan,” kata Kepala Stasiun RRI Takengon, Muhsin Zein, dalam keterangan tertulis yang diterima Suaragayo.com, Senin (12/4/2021).

Kepala Stasiun RRI Takengon, Muhsin Zein. (Dok. Istimewa)

Dijelaskan, untuk juara satu cabang lomba tilawah qori dan qoriah akan mewakili RRI Takengon pada PTQ tingkat Nasional di palembang pada 1-6 Mei 2021. Sedangkan untuk tausyiah akan dilombakan kembali ditingkat Korwil XVII Banda Aceh, yang akan diikuti peserta dari RRI Banda Aceh, RRI Lhokseumawe, RRI Meulaboh dan RRI Takengon.

“Nanti juara ditingkat Korwil yang akan diikutsertakan pada PTQ nasional mewakili Korwil 17 Banda Aceh,” ujar Muhsin.

Pihaknya berharap perwakilan RRI Takengon nantinya dapat diperhitungkan ditingkat Nasional, terlebih pada tahun 2021 mendatang Takengon akan menjadi tuan rumah pelaksanaan PTQ tingkat Nasional.

Muhsin menjelaskan, PTQ merupakan kegiatan tahunan yang digelar LPP RRI seluruh Indonesian. Tahun 2021 merupakan yang PTQ yang ke-51.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) tersebut bertujuan untuk menggali potensi generasi muda, termasuk di Dataran Tinggi Gayo yang meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan PTQ RRI Takengon, pihaknya akan tetap menerapkan protokol kesehatan, demi menghindari semakin mewabahnya pandemi Covid-19.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button