Bener MeriahGAYO

639 Eks Kombatan dan Korban Konflik di Bener Meriah akan Ikut Program Pemberdayaan BRA

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Badan Reintegrasi Aceh (BRA) Kabupaten Bener Meriah menyerahkan berkas data penerima manfaat program kegiatan BRA Tahun 2020, Kamis (3/9/2020).

Program tersebut terkait pemberdayaan pertanian di areal hutan kepada para penerima eks kombatan dan korban konflik di daerah tersebut.

Jumlah penerima manfaat mencapai 639 Kepala Keluarga, diantaranya mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Tahanan Politik (Tapol) dan Narapidana Politik (Napol) dan Korban Konflik.

Kegiatan ini menyikapi Instruksi Gubernur No 100/ Tahun 2019 tertanggal 20 Agustus 2019 tentang Penyelesaian Lahan Mantan Kombatan, Tapol/Napol dan Korban Konflik

“Data yang kami serahkan ini masih sementara dan akan terbuka untuk penambahan,” kata Ketua BRA Bener Meriah, Elvin Sahrin, melalui siaran pers yang disampaikan kepada Suaagayo.com, Kamis (3/9/2020)

Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan BRA Bener Meriah lanjut Elvin, akan segera membentuk tim verifikasi data penerima, untuk memastikan data yang dimiliki memang diperutukkan bagi berhak menerima.

Dalam pertemuan ini juga hadir Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Syahrial.

Pada kesempatan itu, Syahrial menegaskan bahwa mendukung sepenuhnya program pengadaan lahan ini dan akan memproses perijinan ke kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Pusat.

Rilis yang diterima itu juga menyebutkan pernyataan Bupati Bener Meriah saat ditemui para petinggi BRA di Kantor Bupati Bener Meriah, Kamis pagi, terkait dua mekanisme yang akan di tempuh di program ini yaitu melalui Program KTM (Kota Terpadu Mandiri ) Kimpraswil dan program Bantuan Kelompok Tani melalui Kementrian Pertanian Pusat.

Total lahan yang akan di bebaskan jelas Elvin, berjumlah 5000 hektar.

“Namun ini masih yang diusulkan. Nanti tim dinas kehutanan dan pertanahan akan melakukan verifikasi lanjutan,” jelas Elvin.

Bila proses ini berjalan lancar pada tahun 2021 jelas Elvin, maka akan turun status dan proses perencanaan program sudah harus dari sekarang di susun.

BRA juga akan mempersiapkan blue print kegiatan di lahan tersebut dan semoga dapat menjadi pedoman dalam pengembangan kawasan ini.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button