GAYOGayo LuesHukum

Aktivis Menduga Ada Perangkat Desa di Gayo Lues yang Tak Tamat SMA

Penulis: Iwan Bahagia

GAYO LUES, SUARAGAYO.Com – Pemerintah telah menetapkan undang-undang terkait prosedur pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Hal ini, tertuang dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 dan Pemendagri nomor 67 tahun 2017

“Dalam aturan ini memuat poin, bahwa perangkat desa, harus memiliki pendidikan minimal SMU sederajat,” kata seorang aktivis Gayo Lues, Lamsah Budin, kepada Suaragayo.com, Selasa (2/1/2021).

Namun pada kenyataannya, jelas mantan Ketua Forum Mahasiswa Gayo Lues (Formagalus) Takengon itu, undang-undang ini dinilai belum sepenuhnya dilaksanakan sejumlah Pemerintahan Desa, terutama di Kabupaten Gayo Lues, karena ada sejumlah desa yang diduga mempekerjakan warga yang tak tamat sekolah menengah.

Pada UU dan Permendagri tersebut, lanjut Lamsyah, dijelaskan persyaratan pengangkatan perangkat desa minimal berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Umum SMU) atau yang sederajat.

Selain itu berusia minimal 20 tahun, maksimal 42 tahun, serta terdaftar sebagai penduduk desa dan bertempat tinggal di desa paling kurang satu tahun.

Selain itu, ia menyebut muatan Qanun Gayo Lues Nomor 3 tahun 2012, yang menyebutkan ketentuan mengenai pengangkatan dan pemberhentian perangkat kampung berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

“Berdasarkan UU, Permendagri dan qanun ini, sudah jelas, perangkat desa harus lulusan SMU sederajat,” ucapnya.

Dilanjutkan, tujuan seluruh aturan yang dimaksud, bertujuan agar tidak menjadi persoalan ditengah-tengah masyarakat. Apalagi, perangkat desa sangat berperan penting dalam pembangunan desa, sebut Alumni Universitas Gajah Putih itu.

“Jadi, sudah semestinya perangkat desa, dari kalangan orang-orang yang berpendidikan sesuai aturan,” ungkap Lamsyah.

Jika pengangkatan perangkat desa tidak mengacu pada ketentuan yang ada tambahnya, dikhawatirkan pemerintahan desa tidak akan berjalan normal. Apalagi, jika pengangkatan tersebut erat kaitannya dengan janji politik pada pemilihan kepala desa.

Ia berharap agar pemkab Gayo Lues benar benar menerapkan peraturan dan perundang-undangan di seluruh desa.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button