GAYOTakengon

Anggota DPRK Aceh Tengah Perempuan Kelima Periode 2019-2024 Akan Dilantik Hari Ini

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Dewan Perwakilan DPRK Aceh Tengah hari ini akan menambah daftar anggota perempuan yang kelima, setelah 4 anggota DPRK perempuan lainnya dilantik untuk periode jabatan 2019-2024 pada 26 Agustus 2019.

Adalah Nurhidayah, anggota DPRK Aceh Tengah dari Partai Kebangkitan Bangsa, yang akan meneruskan jabatan almarhum Gimin, yang meninggal dunia karena sakit pada 12 Maret 2020 lalu.

Berdasarkan fotokopi surat undangan beredar dari Sekretariat DPRK Aceh Tengah, Nurhidayah akan dilantik menjadi anggota dewan Pengganti Antar Waktu (PAW) di Ruang Sidang DPRK Aceh Tengah pada hari ini, Selasa (13/10/2020).

Bagi kalangan politisi di Aceh Tengah, Nuhidayah bukanlah sosok yang asing. Ia pernah menjadi anggota DPRK Bener Meriah Periode 2005-2009 PAW menggantikan Fauzi M Saleh, yang juga meninggal dunia karena sakit pada saat itu.

Kiprahnya tak berhenti hanya disitu, sebab secara mengejutkan Nurhidayah bahkan pernah tampil sebagai Calon Wakil Bupati Aceh Tengah Pada Tahun 2012. Lali pada tahun 2017 silam, Ia menjadi pasangan Saiful Effendi dalam bursa calon kepala daerah di Aceh Tengah.

Sarjana Hukum yang lahir pada 18 Oktober 1959 ini sempat mengalami kendala saat mencalonkan diri saat menjadi Bakal Cabup dari Saiful Effendi-pada tahun 2016, tetapi keduanya dinyatakan tidak memenuhi syarat karena terlambat menyerahkan tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK.

Namun berdasarkan hasil sidang musyawarah sengketa pemilihan saat itu, Panwaslih mengabulkan permohonan Saiful-Nurhidayah untuk melanjutkan pencalonan melalui bukti-bukti yang diajukan Saiful Effendi-Nurhidayah maupun dari KIP Aceh Tengah.

Saat dihubungi Suaragayo.com, Senin (12/10/2020), Nurhidayah membenarkan rencana pelantikan dirinya sebagai anggota dewan yang akan dilantik hari ini.

“Iya benar, Insya Allah saya akan dilantik hari ini. Saya sudah menyiapkan mental dan fisik untuk menghadapi PAW,” kata Nurhidayah.

Nurhidayah mengaku akan menjalankan fungsi dewan sebagaimana mestinya, dan menjalankan amanah PKB sebagai partai pengusungnya.

“Saya pelajari dulu dinamikan di dalam dewan, karena bisa jadi sudah banyak perubahan peraturan sejak dulu. Dan saya juga akan fokus untuk isu-isu perempuan, apalagi sekarang perempuan yang jadi aggota dewan di Aceh Tengah sudah melebihi kuota 30 persen,” sebut Nurhidayah, yang juga pimpinan Yayasan Insan Cemerlang tersebut.

Nurhidayah akan bergabung dengan 4 anggota DPRK Aceh Tengah perempuan lainnya dari 30 anggota dewan, yakni Desi Novita Andritani (PPP), Suryati Waas (PDI Perjuangan), Susilawati (PKS) dan Tarmina (Partai Demokrat).

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button