AcehGAYOOlahragaTakengon

Atlet Panjat Tebing Putra Aceh Tengah Borong Juara Open Series I 2022

Penulis: Iwan Bahagia

BANDA ACEH, SUARAGAYO.Com – Final Kejuaraan Panjat Tebing Aceh bertajuk Open Series I 2022 yang digelar Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Aceh, berlangsung, Minggu (24/7/2022).

Kejuaraan yang diikuti sekitar 82 atlet panjat tebing dari berbagai daerah di Aceh itu, digelar 23 dan 24 Juli 2022 di Stadion Harapan Bangsa.

FPTI Aceh Tengah tampil gemilang dalam event tersebut, karena berhasil menyabet lima medali dari enam nomor yang diperlombakan.

Atlet panjat tebing dari FPTI Aceh Tengah, Dani Syahfitra berhasil mendapatkan Juara I nomor Boulder Perorangan Putra. (Dok. FPTI Aceh Tengah)

FPTI Aceh Tengah menurunkan sedikitnya delapan orang atlet dan seorang pelatih, dengan melibatkan satu orang ofisial dalam acara tersebut.

Dani Syahfitra berhasil mendapatkan peringkat pertama pada nomor boulder perorangan putra. Dani mendapat nilai tertinggi setelah memperoleh nilai top dengan raihan tiga poin, dari empat jalur yang siapkan oleh pembuat pembuat jalur. Juara II dan III masing-masing Bintang Afrial Maulana dari Banda Aceh dan M Faisal dari Aceh Timur, keduanya hanya mengantongi satu nilai top.

Sementara itu untuk nomor speed classic perorangan putra, Fardhan Bihablilah dari Aceh Tengah berhasil menyabet juara I. Setelah berhasil mengungguli rekan sedaerahnya, Hermansyah Putra Miga yang harus puas posisi kedua, sementara untuk peringkat ke tiga di raih oleh M Habibi dari Aceh Timur.

Nomor Lead Perorangan Putra, Bintang Afrial Maulana dari Banda Aceh berhasil mengungguli Surya Gusfian dan Dani Syahfitra dari Aceh Tengah yang akhirnya harus tempat kedua dan ketiga.

Ofisial FPTI Aceh Tengah pada event tersebut, Irwansyah, mengaku bersyukur atas raihan atletnya, karena mendominasi tiga nomor putra yang diperebutkan.

“Alhamdulillah, tiga kelas perlombaan kita bisa mendapatkan juara. Untuk kelas putri, kita belum beruntung. Salah seorang atlet kita mengalami fall dipemanjatan head to head kelas speed putri,” kata Irwansyah.

Persiapkan PON Aceh – Sumut 2024

Sementara itu, Sekretaris FPTI Aceh Tengah, Ermansyah yang akrab disapa “Binteks” yang juga ikut mendampingi para atlet Aceh Tengah itu menjelaskan, capaian ini merupakan kerja keras para atlet dan pelatih yang selama ini giat mempersiapkan diri ikut beragam event.

Apalagi, sejumlah atlet asal Aceh Tengah juga sedang mengikuti Program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) panjat tebing yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh. Mereka adalah Fardhan Bihablillah, Surya Gusfian dan Dani Syahfitra.

“Para atlet dipersiapkan menghadapi PON Aceh – Sumatera Utara 2024 mendatang. Pelatih kita juga dilibatkan dalam Pelatda persiapan PON ini,”

“Eko Printo dipercayakan FPTI Aceh untuk melatih tim Pelatda PON Cabor Panjat Tebing. Sebagian besar tim juga berasal dari kabupaten Aceh Tengah,” lanjut Binteks.

Dengan prestasi yang ada, pihaknya mengaku belum puas, dan akan melakukan evaluasi berkala.

“Kita akan terus melakukan evaluasi dan giat berlatih,” tambah Binteks.

Sementara itu saat penutupan Open Series I 2022, Minggu (24/7/2022), Ketua Harian FPTI Aceh, Afrul Wahtuni menegaskan, setelah Series I, kegiatan akan dilanjutkan dengan Open Series II dan Open Series III.

“Bahwa acara ini akan ada seri kedua ketiga dan seterusnya. Dan beliau berharap semoga pada seri kedua, acara ini bisa dilangsungkan di Kabupaten Aceh Tengah. Sembari menjajal dinding panjat Aceh Tengah yang baru di resmikan,” ungkap Afrul, Minggu malam.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button