AcehGAYOlingkungan

BMKG: 19 Daerah di Aceh Berstatus Waspada, Dua Siaga

Penulis: Iwan Bahagia

BANDA ACEH, SUARAGAYO.Com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan lebat yang berdampak luas di 19 kabupaten/ kota di Aceh.

Sementara itu berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, dua daerah di Aceh berstatus siaga.

“Peringatan dini hujan lebat berdampak banjir tanggal 5 mei 2022 dengan status siaga yakni Aceh Besar dan Aceh Jaya dan 19 kabupaten/ kota berstatus waspada. Ini diperkirakan dapat terjadi hingga  8 Mei 2022,” kata Kepala BMKG Provinsi Aceh, Nasrol Adil, melalui sambungan telepon, Kamis (5/5/2022).

Kepala BMKG Aceh, Nasrol Adil. (Dok. Pribadi)

Sementara daerah yang berstatus waspada di Aceh sebut Nasrol, yaitu Aceh Utara, Aceh Tamiang, Bireuen, Aceh Tenggara, Kota Banda Aceh, Kota Subulussalam, Gayo Lues, Nagan Raya, Bener Meriah, Pidie Jaya, Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Selatan, Pidie, Aceh Singkil, Simelue, Aceh Barat Daya, Aceh Barat dan Aceh Tengah.

Potensi dampak yang terjadi dari status waspada dan siaga di 19 kabupaten/ kota lanjut Nasrol, bisa berupa jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi.

“Bisa juga terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah,” jelas Nasrol.

 

Selain itu, ancaman luapan sungai dan banjir yang berbahaya, dapat menggangu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Pihaknya mengingatkan, agar masyarakat berhati-hati bila beraktivitas di luar rumah. Kemudian memperbaharui melalui media massa dan mesia sosial, mencari informasi terkait kebencanaan dengan para pihak, serta tidak beraktivitas di luar rumah bila tidak mendesak.

“Apalagi bagi masyarakat yang akan dan sudah berwisata di daerah yang disebutkan, agar selalu waspada,” ungkap Nasrol.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button