GAYOTakengon

Bukan Demo Biasa, Ini Demontrasi Para Perempuan Saat Bikin Hand Sanitizer di Pegasing Aceh Tengah

Penulis: Rahma Gustia

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Hand sanitizer pada saat ini sudah menjadi salah satu produk yang banyak digunakan oleh masyarakat, untuk mencegah penularan wabah Covid-19 yang belum bisa diketahui kapan berakhir.

Menyikapi itu, sebahagian warga yang berada di kecamatan pegasing, Kabupaten Aceh Tengah mengikuti pelatihan pembuatan hand Sanitizer, Sabtu (26/9/2020).

Pelatihan ini digelar oleh dinas KBP3A Aceh Tengah, bidang pemberdayaan perempuan di kantor P2TP2A Aceh Tengah.

Acara itu dibuka oleh Jahidin sebagai sekretaris dinas KBP3A, yang berbicara mewakili kadis KBP3A Aceh Tengah, Alam Suhada, yang sedang melakukan kegiatan lain.

Pelatihan bersekala kecil tersebut dihadiri oleh sekitar 20-an kaum ibu yang berada di sekitar Kecamatan Pegasing.

Karena Covid-19 masih mewabah, tentu menerapkan protokol kesehatan, dengan menghimbau peserta pelatihan harus memakai masker, ikut mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

“Selain dapat menghindari penularan wabah covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk mencegah penularan wabah covid-19,” Kata Desi Lusiana, seorang narasumber yang berbicara dalam kegiatan itu.

Perempuan yang aktif sebagai staf pemberdayaan perempuan dinas KBP3A Aceh Tengah ini menjelasan, penyakit covid-19 adalah sebuah penyakit yang kasat mata, sehingga diperlukan upaya pencegahan untuk menghidarinya.

“Tangan tempat menular nya penyakit, salah satunya penyakit yang tidak kasat dimata seperti covid-19, oleh karena itu kita harus lebih waspada dan lebih menjaga kebersihan dari tangan kita yaitu dengan menggunakan hand sanitizer ketika kita tidak mendapat kan air di tempat terdekat,” ucap desi.

Pelatihan ini diharapkan bisa membantu warga untuk membuat hand sanitizer secara mandiri di rumah, tanpa harus membeli. Sehinga lebih ekonomis, dengan bahan yang cukup sederhana dan mudah didapatkan.

“Bahkan dari pelatihan kecil ini diharapkan kepada masyarakat dapat memproduksi hand sanitizer dan dipasarkan ke masyarakat sekitar,” tambah Desi kembali.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button