GAYOHukumTakengon

Cegah Pembalakan Hutan, Kapolres Aceh Tengah dan Dandim 0106 Aceh Tengah Gelar Patroli di Kecamatan Linge

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Kapolres Aceh Tengah, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat S IK bersama Dandim 0106 Letkol Inf Teddi Sofyan S Sos, melalukan patroli ke kawasan hutan Kampung Penarun, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (19/1/2021).

Kapolres yang didampingi Kasat Sabhara, Kasat Intel dan Personil Polres dan Kodim mengunjungi kawasan itu dengan menggunakan kenderaan Roda dua sepeda motor trail.

 

Pada kesempatan itu Sandy Sinurat mengatakan, patroli bersama jajaran anggota TNI daerah itu ke Kecamatan Linge sengaja dilakukan sebagai upaya dan antisipasi pencegahan pembalakan liar.

Rombongan juga melintasi Situs bersejarah Atu belah yang terletak antara Kampung Umang Isaq dan Penarun .

Sebelum menuju Penarun, puluhan Personil itu juga menyusuri jawasan Hutan Kecamatan Linge, yang dimulai dari Simpang Simpil.

Musim Hujan membuat jalan berlumpur, sehingga dengan penuh tantangan, mereka sempat mengarungi jalur yang terbilang cukup berat untuk dilintasi.

Mereka akhirnya mampu melewati medan jalan yg penuh dengan lumpur serta Tanjakan tersebut.

Sewaktu jam istirahat tiba, rombongan yang berada di lokasi wisata Atu Belah, sempat mendengarkan cerita dari Sekdes Kampung Penarun tentang legenda Atu Belah. Kisah itu sesuai dengan kondisi sebuah batu besar yang tampak terbelah menjadi dua di lokasi itu. Sementara tidak jauh dari batu, tampak sejumlah bekas goresan yang menutup, yang diduga menelan korban seorang ibu berdasarkan cerita rakyat tersebut.

Tak sampai disitu Patroli pun dilanjutkan menuju Kampung Penarun hingga kembali lagi ke Simpang Simpil, Kecamatan Linge.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button