AcehGAYOTakengon

[CEK FAKTA] Benarkah 2 Warga Sabun Positif Tipes bukan Positif Covid-19?

Cek Fakta Melalui Verifikasi Narasumber dan Data

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Baru-baru ini beredar tangkapan layar digawai sejumlah warga di Aceh Tengah, yang berisi sebuah kalimat informasi tentang adanya 2 warga yang positif Covid-19 yang semula di diagnosa tipes.

Munculnya informasi itu membuat warga bertanya tentang hasil uji SWAB 2 warga Sabun, Kute Panang, Aceh Tengah.

Suaragayo mengkonfirmasi kabar tersebut Camat Kute Panang, Alwin Syahri, Sabtu (1/8/2020).

Menurut Alwin, informasi itu diterimanya melalui pesan berantai di WAG dari sejumlah orang yang bertanya terkait kebenaran informasi dari tangkapan layar yang bererdar tersebut.

kalimat itu berbunyi:

“Info ari rekante iumah sakit…. bahwa pasien 2 jema si ari sabun man positif types .. bukan covid”

Alwin mengaku pesan dalam bentuk tangkapan layar itu meresahan warga di Kute Panang khususnya, demikian dengan warga Aceh Tengah.

RSUD Datu Beru Tidak Pernah Rawat 2 Pasien Tipes

Sementara itu Direktur RSUD Datu Beru Takengon, Hardi Yanis yang dihubungi Suaragayo.com, Minggu (2/8/2020) menjelaskan, pihaknya tidak pernah memeriksa 2 orang pasien yang positif Covid-19 asal Kute Panang.

Menurut Hardi Yanis, ibu dan anak itu tidak pernah dirawat di RSU datu Beru sebelum hasil Swab keluar pada 30 Juli 2020.

“Kita tidak pernah merawat keduanya sebelum hasil swab keluar. Karena Swabnya oleh Dinas Kesehatan.

“Kita diminta bekerjasama oleh Dinkes setelah hasil Swab keluar. Yang menjemput kemarin itu juga tim PSC 119. Sekarang kedua orang ini sedang diisolasi di rumah sakit ini,” kata Hardi Yanis.

Pihaknya meminta untuk mengusut penyebar informasi yang beredar tersebut, apalagi menyebut kabar berawal dari rumah sakit.

“Kalau yang dimaksud yang mengabarkan kepada penyebar itu adalah tenaga kesehatan di RSU Datu Beru, maka kita sangat ragukan. Karena kita punya SOP penyebaran informasi. Tepatnya satu pintu. Jadi ini harus diusut karena meresahkan masyarakat,” ucap Hardi Yanis.

Gugus Tugas Mengaku Punya Bukti Hasil Swab

Berikutnya Suaragayo.com menelusuri informasi itu kepada Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Tengah, Yunasri, Minggu (2/8/2020).

Pengakuan Yunasri, timnya memiliki data positif pasien Covid-19. Berdasarkan data itu, warga yang positif Covid-19 asal Kecamatan Kute Panang adalah seorang ibu berinisial SL (49) dan putrinya IDS (14).

“Sesuai data yang kami punya, SL dan IDS positif Covid-19 setelah hasil Swab keluar dari Dinas Kesehatan Aceh pada 30 Juli 2020,” ujar Yunasri.

Karena hasil Swab bersifat rahasia, maka Yunasri mengakubtidak boleh dipublis.

Namun apabila pihak berkompeten bertanya, maka tim gugus tugas dapat menunjukkan sebagai bukti. Itupun dapat ditunjukkan sesuai aturan yang berlaku.

“Kita punya bukti, ini laporan dari Dinas Kesehatan Aceh. Kita tidak bisa publis. Kecuali apabila penegak hukum nanti meminta data ini untuk menelusuri sumber penyebar informasi bahwa 2 pasien ini sebenarnya tipes, kita akan berikan,” ungkap Yunasri.

Berdasarkan pelacakan sebut Yunasri, suami SL sempat berinteraksi dengan YL warga Bener Meriah positif Covis-19, kemudian YL berinteraksi dengan istri dan anaknya.

YL diketahui positif setelah hasil Swab keluar. Namun hingga hari ini hasil Swab suami SL sekaligus ayah dari IDS belum juga keluar.

“Sekali lagi kita tegaskan, tidak ada pasien asal Kute Panang yang tipes, kemudian menjadi positif Covid-19,” pungkas Yunasri.

Kesimpulan

Berdasarkan pemeriksaan dan verifikasi Suaragayo.com kepada sumber terkait, baik dari RSUD Datu Beru dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, informasi terkait adanya warga Sabun, Kecamatan Kute Panang yang sebenarnya terkena penyakit tipes kemudian menjadi Pasien Covid-19 adalah informasi yang keliru.

Berdasarkan data yang diperoleh Suaragayo.com, SL dan IDS memang masuk daftar nama yang positif Covid-19 yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Aceh.

SL berada diurutan keempat, dan IDS berada di nomor 5 Laporan Pemeriksaan Laboratorium Balitbangkes Aceh.

Iwan Bahagia

Anda punya data atau nformasi serta fakta berbeda, kritik atau masukan untuk artikel ini? Silahkan email ke gayosuara@gmail.com

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button