AcehHukum

[CEK FAKTA] Benarkah Lampirkan Sertifikat Vaksin untik Syarat Buat SIM? Ini Faktanya…

Penulis: Iwan Bahagia

 

BANDA ACEH, SUARAGAYO.Com – Informasi pengurusan SIM haris harus menyertakan sertifikat vaksin, beredar dikalangan masyarakat Aceh.

 

Entah darimana kabar tersebur beredar, sehingga membuat warga yang tidak sempat vaksin karena penjadwalan atau mengalami kendala lain untuk ikut vaksinasi merasa akan kesulitan untuk mengurus SIM atau STNK kendaraan. Sebab vaksin akan dilaksanakan pemerintah secara bertahap.

 

Menanggapi kabar tersebut, Kepolisian Daerah (Polda) Aceh membantah bahwa mengurus SIM atau SKCK di kantor polisi harus menyertakan sertifikat vaksinasi.

 

Hal tersebut ditegaskan Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy dalam siaran persnya yang dikeluarkan, Minggu (19/6/2021).

 

“Tidak benar informasi itu dan kita secara resmi menyatakan, itu hoaks,” kata Winardy.

 

Winardy mengakui, pihaknya mendengar ada informasi yang berkembang terkait sertifikat vaksin sebagai salah satu syarat pengurusan berbagai keperluan, seperti untuk mengurus SIM, SKCK, dan STNK kendaraan.

 

Namun jelas Winardy, Polda Aceh sejauh ini tidak pernah membuat aturan seperti itu.

 

Polda Aceh hingga saat ini terangnya, sedang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah.

 

“Saat ini Polri sedang menggalakkan vaksinasi dengan Polres sebagai garda terdepan, bekerja sama dengan unsur terkait dan melaksanakan vaksinasi massal di titik-titik yang sudah ditentukan di wilayahnya masing-masing,” tuturnya.

 

Winardy jug mengimbau kepada masyarakat untuk ikut serta dalam vaksinasi serentak tersebut demi kepentingan bersama, yakni terbebas dari wabah Covid-19.

 

“Kita mengimbau masyarakat untuk mengambil peran mengikuti vaksinasi massal tersebut, karena vaksin sebagai salah satu ikhtiar kita dalam memutus mata rantai Covid-19 dan menimbulkan Herd Immunity,” pungkas Winardy.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button