GAYOGayo Lueslingkungan

Cerita Karimi, 13 Hari Mendaki untuk Kibarkan Bendera Tagana di Puncak Leuser, Bertemu Harimau Sumatera dan Diterpa Badai

Penulis: Iwan Bahagia

GAYO LUES, SUARAGAYO.Com – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Aceh Tengah menggelar HUT ke-17 organisasi itu yang diperingati setiap Tanggal 20 Februari.

Kali ini, Tagana kota dingin itu melakukan kegiatan Jelajah Alam Gayo untuk mengekplorasi kekayaan hutan dan alam di dataran tinggi itu.

Sebelumnya tim jelajah alam ini telah mendaki beberapa puncak gunung di Aceh, seperti Gunung Bendahara 3.030 mdpl, Gunung Kemiri 3.315 mdpl.

“Berikutnya kami mendaki puncak gunung tertinggi di Aceh, yaitu Gunung Leuser yang terletak di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dengan ketinggian 3.466 mdpl. Dalam kegiatan Jelajah Alam Gayo ini tergabung juga beberapa organisasi, seperti Mapala, KPA dan juga Tagana Aceh Tengah,” kata Karimi, seorang personel Tagana Aceh Tengah yang ikut serta dalam pendakian itu, dihubungi Suaragayo.com, Jumat (9/4/2021).

Pendakian ini dilakukan sejak 26 Maret hingga 6 April 2021, dengan total selama 13 hari. Dengan perkiraan jarak sekitar 54 kilometer. Medan yang dilalui dalam jelajah alam ini cukup menantang, serta menembus pegunungan yang dipenuhi hutan rimba.

“Tagana Aceh Tengah mengirim satu delegasi yaitu saya sendiri, Karimi, untuk mengibarkan bendera Tagana dipuncak tertinggi di Aceh itu, dan jalur pendakian terpanjang se-asia tengara,”

“Selain mengeksplorasi kekayaan alam Gayo, kami juga untuk melatih mental bermain di alam bebas, serta menambah ilmu untuk memanjemen perjalanan dan mengatur perjalanan agar sesuai target,” kata pemuda asal Toweren tersebut.

Perjalanan tim pendaki saat menuju puncak Leuser harus berjalan kaki selama 13 hari, selain medan yang sulit, mereka juga menghadapi cuaca dan suhu udara yang tidak menentu.

“Dalam perjalanan kami juga merasakan badai selama 3 hari berturut turut. Bertemu langsung dengan satwa langka, harimau sumatera. Artinya sangat bagi saya personel Tagana untuk mendalami ilmu di alam rimba, sehingga saya mungkin bisa lebih tangap dalam segala keadaan dan medan sekalipun,” ucap Karimi.

Sementara itu Koordinator Tagana, Azmi Mengungkapkan, kebarangkatan anggota Tagana ke Gunung Leuser untuk peningkatan kapasitas dalam bidang keilmuan serta menguji mentalitas anggota yang ikut serta dalam jelajah alam itu.

“Tentu spesialisisasi untuk pertolongan dan tanggap bencana . Selain itu juga keberangkatan anggota Tagana ini. untuk memperigati HUT Tagana ke-17 tahun,” pungkas Azmi.

Pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kadis Sosial Aceh Tengah, Aulia Putra yang menyolong Tagana terlibat dalam kegiatan itu.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button