EdukasiGAYOTakengon

Cerita Pilu Putra Gayo Tamatan Pertama Proteksi Tanaman Unsyiah, Mulai Selesaikan Skripsi Sampai Ditinggal Sang Ayah

Penulis: Nihayatul Afifah Husna

BANDA ACEH,SUARAGAYO.Com – Putra asal Kabupaten Aceh tengah, Ramadani Syapitra tercatat sebagai lulusan pertama jurusan Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Pemuda ini lulus lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 lalu itu berhasil menjadi lulusan pertama jurusan tersebut.

Jurusan ini awalnya bernama Hama dan Penyakit Tumbuhan dan berdiri sejak 1979. Lalu pada 2008 bergabung dengan agronomi, ilmu tanah menjadi jurusan agroteknologi. Selanjutnya 2015 menjadi jurusan Proteknis Tanaman.

Pemuda asli dari Desa Ujung Gele, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, menamatkan studi pada 3 Desember 2020 lalu.

Menjelang akhir studi, ayahnya Syafi’i jatuh sakit. Mengidap penyakit gula darah dan stroke ringan.

Sejak Juli 2020, pria akrab disapa Dani ini bolak-balik rumah sakit untuk menemani sang ayah. Bahkan, tiga hari menjelang sidang skripsi sang ayah meninggal dunia. Dani pilu. Tak sempat memperlihatkan ijazah sarjananya kepada ayahandanya tercinta.

Ramadani Syapitra (FooIstimewa)

Ditengah kepiluan, dua dosen pembing Tjut Chamzurni, MP dan Prof Rina Sriwati memotivasinya. Agar taman dengan penelitian tentang nilam Aceh.

“Alhamdulillah akhirnya lulus juga. Semoga penelitian saya tentang nilam membuat nilai tambah pada tumbuhan itu dan petaninya,” pungkasnya.

Editor : Aman Dimas

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close