BudayaGAYOTakengon

Cerita Unik di Aceh Tengah, Mertua Jemput Menantu Wanita dengan Traktor ke Pesta Pernikahan

Penulis: Desi Mentari

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Peristiwa unik terjadi di Desa Simpang Juli, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (10/1/2021). Pasalnya, alat membajak sawah digunakan untuk kendaraan mengantar mempelai wanita Riqki Hartinah.

Saat itu, warga mengantar pengantin wanita ke pesta pernikahan yang diselenggarakan penganti pria Zuhri Tawila di Desa Kampung Bah, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah.

Sang pengantin wanita dihubungi via telepon selulernya menyebutkan, awalnya mereka berangkat dari rumah dengan kendaraan biasa. Lalu menjelang tiba di rumah mempelai pria, satu unit traktor menunggu untuk dikendarai kedua mempelai. Traktor ini disediakan oleh mempelai pria.

“Saya tidak tau sama sekali bakalan ada jemputan mantu (pakai traktor), cuman dapat pesen dari ayahnya suami yang apabila sudah berangkat ke sini (kediaman suami) kabarin ayah, bilang sama rombongan, nanti berhenti di jembatan Kampung Bah, kami akan jemput ke sana,” jelas dara yang akrab disapa Kiki ini kepada Suaragayo.com, baru-baru ini.

Sekitar 500 meter Kiki menaiki traktor itu hingga tiba ke rumah pengantin pria.

“Sepengetahuan saya dan suami itu pertama kalinya, kata suami itu ide ayah (mertua) dan keluarga, alasannya karena mayoritas di kediaman suami bermatapencaharian sebagai petani atau bersawah, keluarga suami juga tidak pernah beli beras dari luar dikarenakan setiap tahun menanam padi. Kebetulan jika di ketol hanya mertua yang memiliki mesin membajak sawah,” ujar Kiki kembali.

Masyarakat yang melihat aksi itu pun antusias. Cerita ini kemudian menyebar ke sejumlah media sosial.

Editor : Aman Dimas

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button