GAYONasionalTakengon

Dapat Predikat Kabupaten Sangat Inovatif, Kepala Bappeda Aceh Tengah: Terima Kasih Masyarakat

Penulis: Iwan Bahagia 

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Tengah, mengungkapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Aceh Tengah atas penghargaan dengan kategori Kabupaten Sangat Inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (18/12/2020).

Prestasi itu diperoleh Aceh Tengah di ajang Innovative Government Award (IGA) 2020 di Jakarta.

Kepala Bappeda Aceh Tengah, Drs Amir Hamzah MM mengatakan, capaian ini merupakan salah satu pekerjaan rumah yang diamanahkan Bupati Aceh Tengah untuk melakukan inovasi saat menyelesaikan pekerjaan pemerintah.

“Alhamdulillah, berkat dukungan kepala daerah dan masyarakat, Aceh Tengah ambil bagian dari 195 pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif. Semua ada 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota,” jelas Amir Hamzah, kepada Suaragayo.com, Sabtu (9/12/2020).

Penganugerahan IGA 2020 yang diterima Aceh Tengah sebutnya, merupakan penilaian indeks inovasi daerah tahun 2020, sebagai bentuk apresiasi Mendagri kepada Pemerintah Kabupaten dalam penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif.

Berdasarkan informasi Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri sebagai penyelenggara ungkap Amir Hamzah, partisipasi kegiatan inovasi daerah pada Tahun 2020 ini sebesar 89,3 persen, artinya mencapai 484 daerah.

Terdapat 34 atau 100 persen provinsi yang ikut serta, sementara untuk kabupaten mencapai 360 daerah atau 86,7 persen serta partisipasi Pemerintah Kota mencapai 96,7 persen

“Jumlah inovasi dari seluruh Indonesia tahun ini mencapai 14.897 inovasi. Ini lebih besar dari Tahun 2019 yang hanya 8014. Naiknya menurut Kemendagri capai 85 persen,” paparnya.

Penghargaan yang diterima Aceh Tengah, ungkap Amir, dapat dicapai atas kerja keras Pemerintah Kabupaten yang berhasil melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara yang dianggap Kemendagri sangat inovatif.

Sebelum penghargaan diraih, Pemkab Aceh Tengah terlebih dahulu ikut serta dalam penjaringan berupa penginputan data terhadap penerapan inovasi daerah yang dilaksanakan oleh daerah secara daring mulai14 Mei 2020 melalui aplikasi yang disediakan Kemendagri, yakni indeks inovasi daerah.

Selanjutnya tambah Amir Hamzah, setiap daerah melakukan tahapan pengisian daring lalu validasi data dilakukan Kemendagri melalui pencocokan dan analisis data yang dilakukan oleh pemerintah daerah, dalam rentang waktu 22 September hingga 21 Oktober 2020 lalu.

“Barulah tim Kemendagri melakukan penilaian, dan Aceh Tengah dapat kategori kabupaten sangat inovatif,” tambah Amir.

Pengukuran indeks inovasi daerah oleh Pemerintah Pusat melibarkan 15 dewan juri dari Kementerian/Lembaga, media dan juga dari berbagai instansi maupun lembaga yang kredibel.

“Sekali lagi, terima kasih kepada masyarakat, semoga kerja kami semakin inovatif, dan terima kasih kepada kepala daerah atas dukungannya,” pungkas Amir Hamzah.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button