GAYONasionalTakengon

Dapat Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif, Shabela: Kita Input 100 Inovasi

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Kabupaten Aceh Tengah memperoleh Penghargaan kategori Kabupaten Sangat Inovatid pada ajang Innovative Goverment Award (IGA) atau Indeks Inovasi Daerah Kementarian Dalam Negeri.

Penilaian indeks inovasi merupakan salah satu kewajiban kepala daerah untuk melaporkan inovasi yang dilakukan dalam bidang pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan inovasi daerah lainnya.

“Pada Kesempatan IGA tahun 2020, kami mengikut sertakan 100 Inovasi yang di input Bappeda di aplikasi IGA, sebelumnya telah kami evaluasi langsung selama 2 hari diruang kerja bupati, Sekda dan Aula Bappeda,” kata Shabela, dalam siaran pers yang diterima Suaragayo.com, Sabtu (19/12/2020).

Kabupaten Aceh Tengah kata Shabela, akan terus berinovasi dalam rangka membangun struktur pemerintahan yang sesuai dengan kebutuhan daerah, tanggap (responsif) terhadap kepentingan masyarakat luas, memiliki sistem pemerintahan dan administrasi yang kompetitif, mengembangkan sistem manajemen pemerintahan yang efektif, meningkatkan efisiensi pelayanan publik di daerah, serta meningkatkan transparansi pengambilan kebijakan dan akuntabilitas publik.

Sementara itu untuk meningkatkan budaya inovasi daerah, Bupati Aceh Tengah telah menandatangani Kerajsama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI pada awal januari Tahun 2019. Disusul kerja sama membangunan Laboratorium Inovasi Daerah.

“Menindaklanjuti MoU dengan LAN, pada Tahun 2020, kami mengadakan lomba inovasi daerah dengan Tim Penilai dari LAN,” lanjut Shabela.

Hal ini dilakukan untuk mendorong seluruh Perangkat Daerah untuk melakukan Inovasi Daerah secara berkesinambungan dalam rangka memajukan daerah dan meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.
Pada Tahun 2021, Lomba Inovasi Daerah akan dilakukan lebih luas dengan melibatkan masyarakat sebagai peserta lomba.

Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun ini dilakukan dan kami merasa perlu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses
inovasi yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah serta meningkatkan pengawasan dan peran serta masyarakat dalam setiap perumusan kebijakan dan program yang diterapkan Pemerintah daerah, sehingga dapat diterima (accepted) masyarakat, tepat (appropriated) dan berkelanjutan (sustainable).

“Kami selaku pimpinan daerah mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak, terutama perangkat daerah yang telah memampu berinovasi dan menulis inovasinya serta mendokumentasikannya dengan baik sehingga dapat diikut sertakan dalam berbagai perlombaan, dan kede pan kami akan memberikan penghargaan dan reward kepada perangkat daerah yang inovatif,” pungkas shabela Abubaker

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button