Bener MeriahGAYO

Depik Bukan Sembarang Depik, Depik Ini akan Diberikan Kepada Seluruh Kampung di Bener Meriah

Penulis: Iwan Bahagia

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Bupati Bener Meriah, Sarkawi didampingi Sekda setempat, Haili Yoga, menerima kunjungan Tim Kemendes PDT Trans dan Kepala DPMG Aceh, Kamis, (29/04/2021).

Pertemuan tersebut dalam rangka Pemantauan Pelaksanaan Dana Desa di Kabupaten Bener Meriah Tahun Anggaran 2021.

Dalam pertemuan tersebut berbentuk diskusi serta penyampaian informasi dari pusat dan provinsi tentang regulasi dan tata kelola Dana Desa Tahun Anggaran 2021, serta setelah Pemkab Benwr Meriah progres pencairan dan realisasi Dana Desa Tahap I.

Pada kesempatan itu Sarkawi menyinggung soal ikan Depik, yang merupakan ikan endemik di Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah. Namun ada depik yang dibahas kali ini adalah sesuatu yang berbeda.

Nama “Depik” disematkan sebagai sebuah inovasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah.

Inovasi ini adalah singkatan dari Dana Insentif Pembinaan Kampung (Depik) yang diberikan kepada Pemerintah Kampung dalam Kabupaten Bener Meriah agar mampu mengelola dana desa dengan baik, sehingga mereka dianggap layak untuk diberikan dana insentif tambahan oleh pemerintah daerah.

Adapun tujuan dari “Depik” ini pertama untuk meningkatkan kinerja kampung dalam hal mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat kampung kedua sebagai upaya memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Kampung (ADK) untuk mendukung pembangunan kampung, ketiga Mendukung kinerja kabupaten dalam pencapaian insentif daerah sesuai dengan kewenangan lokal kampung.

Diharapkan dengan inovasi “Depik” ini dapat memancing Pemerintah Kampung untuk lebih serius dalam pengelolaan pemerintahan, serta agar lebih baik dan profesional.

Selain “Depik” Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah juga telah mempersiapkan inovasi lain yaitu “Take”. “Take” sendiri merupakan singkatan dari Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi yang diperuntukkan bagi Pemerintah Kampung yang memiliki sumber daya alam yang layak untuk dilestarikan.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button