Bener MeriahGAYOKesehatan

Dinkes Bener Meriah Sosialisasi Perbup Cegah peristiwa Stunting di Tingkat Desa

Penuls: Iwan Bahagia

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah menggelar kegiatan dalam rangka sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 20/2021 tentang Tata Cara Konvergensi Pencegahan Stunting di Kampung bertempat diaula Dinkes setempat. Kamis, (12/8/2021).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bener Meriah, Haili Yoga, yang hadir didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Abdul Muis.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Dinkes yang telah menggagas kegiatan sosialisasi itu.

Haili Yoga juga sangat mengharapkan para camat dan OPD untuk memahami tentang stunting, dan memberikan pelayanan yang prima terhadap penderita stunting tersebut.

“Kepada seluruh camat dan OPD lainnya untuk memahami stunting ini, serta kita semua harus memberikan pelayanan yang baik dan prima terhadap penderita stunting, para camat dan para Reje Kampung juga agar memperhatikan Polindes, kehadiran para bidan dan kebersihan lingkungan Polindes,” ungkap Haili Yoga.

Haili Yoga juga meminta kepada seluruh camat untuk mengetahui data stunting dan KB serta inovasi dari dinas kependudukan Anak Lahir diBeri AkTA (ALIBATA) di wilayahnya masing-masing.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Abdul Muis, dalam laporannya menyampaikan, dilaksanakannya kegiatan tersebut, merupakan upaya pemerintah yang telah menetapkan penurunan stunting sebagai prioritas Nasional, yang dilaksanakan secar lintas sektor di berbagai tingkatan sampai ketingkat desa.

“Perbup ini untuk memastikan Konvergensi pencegahan stunting didesa termasuk aksi #4 dan peran Dinkes adalah sebagai penyediaan sarana dari mulai perencanaan, pemasukan saran dan sosialisasi Perbup tersebut,” kata Abdul Muis.

Lebih lanjut dijelaskan, dengan adanya sosialisasi Perbup ini, maka akan memperjelas kewenangan kampung dalam pencegahan stunting terintegrasi seperti yang tertuang didalam Perbup tersebut.

Kegiatan Sosialisasi Perbup No. 20/2021 tersebut dilaksanakan selama sehari, dan diikuti oleh dua orang SKPK terkait, 10 orang dari Dinkes terkait program stunting, Forum Komunikasi Reje Kampung, serta dari masing-masing kecamatan dan seluruh Kepala Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button