GAYOOlahragaTakengon

Djumhur: Esports Resmi Menjadi Bagian dari KONI Aceh Tengah

Penulis: Iwan Bahagia

 

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Ketua Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Aceh Tengah, Djumhur AB, menyambut baik respon sejumlah pihak terkait penyelenggaraan Piala ESI Aceh Tengah.

Bahkan, ia tak menyangka penyelenggaraan event itu mendapat antusias dari para gamers di Aceh Tengah.

“Saya tidak menyangka ruangan penuh ini penuh, artinya para peserta penuh semangat, tidak loyo,” kata Djumhur, saat memberikan sambutan dalam acara penutupan Piala Esports 2021 di Parkside Hotel, Minggu (7/11/2021).

Djumhur menyebutkan, pada masa yang akan datang, banyak Cabor yang akan berkembang dan kehadiran jenis olahraga itu tidak bisa diprediksi.

“Ke depan banyak Cabor yang nanti akan berkembang dan tidak diprediksi. KONI Aceh Tengah ada 33 Cabor, belum termasuk esport,” jelas Djumhur.

Ia kemudian memuji Kepada pengurus Esport Aceh Tengah yang sukses menggelar Piala ESI Aceh Tengah 2021, demikian dengan sejumlah orangtua yang mendampingi anaknya untuk bertanding.

Sebagai Ketua KONI Djumhur menegaskan, Cabang Olahraga Esport sebagai bagian dari KONI Afeh Tengah, sebab esport sudah diakui KONI Pusat dan KONI Provinsi.

“Dengan ini, saya sebagai Ketua KONI di daerah ini menegaskan, bahwa olahraga esport menjadi bagian dari KONI Aceh Tengah. Soal pro kontra jenis gamenya, nanti perlu kajian, perlu diskusi,” ungkap Djumhur.

“Saya melihat anak-anak yang main game, mereka punya handphone yang harganya mencapai 13 juta. Karena spesifikasi dan memori HP harus besar, jadi mereka butuh wadah. Anak-anak harus punya tempat untuk meñyalurkan hobi,” papar Djumbur.

Pihaknya menargetkan, Aceh Tengah akan menjadi tuan rumah berkuda untuk PON 2024 untuk olahraga berkuda, paralayang, paramotor, triatlon dan jenis olahraga lain.

Dirinya kemudian mengharapkan agar para atlet Cabor Esports tetap berlatih secara profesional dan konsisten mengikuti berbagai event untuk mengembangkan kemampuan.

“Kita harus adaptasi terhadap teknologi dengan segala perangkatnya. Kita harus menyampaikan sosialisasi dengan baik,”

“Saya sebagai pengurus KONI merasa bangga atas kehadiran esport, yang bisa menjadi wadah untuk generasi bisa berpacu,” tambah Djumhur.

Aceh Tengah Bersiap untuk Sport Tourisme

Selain itu, Djumhur yang juga Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Aceh Tengah tersebut kembali menyinggung perihal sports tourism yang bisa dikembangkan di Aceh Tengah, karena fasilitas pendukung kian memadai.

“Kami sampaikan bahwa hotel sudah ada bintang 3 standar internasional. Salah satu kesiapan kita adalah siap menghadapi tamu dari luar, dan kita tidak ketinggalan. Berikutnya hal ini salah satu upaya untuk mempromosikan Aceh Tengah kepada dunia luar, bahwa kita luar biasa,” ucap Djumhur.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button