AcehEdukasi

Dosen USK Paparkan Manfaat Mengkudu untuk Pupuk Organik kepada Pengurus PKK Gampong Kopelma

Penulis: Nihayatun Afifah Husna

BANDA ACEH, SUARAGAYO.Com – Buah mengkudu atau dalam bahasa Aceh disebut keumeudee, merupakan salah satu tanaman yang memiliki beragam khasiat baik bagi kesehatan maupun bagi tanaman lainnya.

Kali ini Dosen Program Studi Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian (FP), Universitas Syiah Kuala (USK) Tjut Chamzurni, Hartati Oktarina dan seorang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Matematika USK, Rahma Johar melakukan sosialisasi kepada pengurus PKK Gampong Kopelma, Darussalam, Banda Aceh terkait manfaat buah mengkudu.

Kegiatan yang mengusung tema Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Buah Mengkudu untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Pekarangan” ini bertujuan agar para ibu PKK Gampong Kopelma dapat memanfaatkan limbah organik, khususnya buah mengkudu agar tidak terbuang sia-sia.

Tjut Chamzurni dalam materinya menjelaskan beragam manfaat yang dimiliki oleh buah mengkudu yang punya nama latin Morinda citrifolia baik bagi kesehatan maupun bagi tanaman.

“Buah mengkudu mengandung khasiat yang sangat baik bagi kesehatan seperti melancarkan peredaran darah. Buah mengkudu juga menganduk unsur makro NPK yang sangat dibutuhkan pada tanaman dan juga unsur mikro seperti Mg dan zinc,” jelas Tjut kepada Ibu-ibu PKK pada sabtu, (3/04/2021) di gedung PKK Gampong Kopelma, Darussalam, Banda Aceh.

Sebelumnya para pengurus PKK ini belum pernah mengetahui manfaat buah mengkudu sebagai POC.

“Sebelumnya belum tau mengenai manfaat buah mengkudu sebagai POC. Dengan adanya sosialisasi hari ini Alhamdulillah ternyata banyak manfaatnya dan insyaallah akan sangat berguna kedepannya,” tutur Jasmani, diwawancara Suaragayo.com disela kegiatan tersebut.

POC yang dibuat berbahan dasar buah mengkudu ini tidaklah sulit. Sebab yang dibutuhkan hanya buah mengkudu yang sudah matang, gula merah, air cucian beras dan juga EM4 sebagai mikroba yang membantu proses fermentasi.

Tjut Chamzurni mengharapkan agar kedepannya Gampong Kopelma menjadi Gampong yang bebas sampah dan bisa memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti pupuk organik.

 

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button