GAYOOlahragaTakengonTravel

Dukung Gayo Enduro, Ketua KONI Aceh Tengah: Ini Bagian dari Pembinaan Prestasi

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Event Gayo Enduro yang dilaksanakan oleh Enduro North Sumatera (ENS) bekerjasama dengan Ikatan Sepeda Sports Indonesia (ISSI) Aceh Tengah pada 25-26 Desember mendatang, mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Salah satunya dari Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh Tengah, Djumhur AB.

Menurut Djumhur, pelaksanaan Gayo Enduro merupakan sesuatu yang positif untuk meningkatkan prestasi atlet, karena dilakukan dalam lapangan yang sulit.

“Sebagai organisasi yang fokus dalam pembinaan prestasi, Gayo Enduro sangat bagus untuk pembinaan atlet,” kata Djumhur, ditemui di Sekretariat KONI Aceh Tengah, Jumat (24/12/2021).

Selain itu lanjut Djumhur, para atlet sepeda di Aceh Tengah selayaknya mengikuti ajang tersebut, sebagai upaya untuk mempersiapkan diri menuju PORA 2022.

“Para atlet jangan berhenti dalam seleksi pra PORA saja. Harus mempersiapkan diri baik fisik maupun mental,” sebut Djumhur.

Sebagai daerah pariwisata ucap Djumhur, pihaknya menganggap event ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan sport tourism, karena peserta dalam kegiatan ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Saya dengar kabar sudah mendaftar beberapa peserta dari beberapa provinsi di Sumatera dan Pulau Jawa, jadi ini sudah layak menjadi event sport tourism,” ungkap Djumhur.

Ia menyebut, Gayo Enduro yang turut menggelar gowes bareng (Gobar) juga mendapat dukungan dari Pemuda Kecamatan Kebayakan, sebab dalam rapat koordinasi yang dilakukan Jumat (24/12/2021) di pendopo bupati setempat, perwakilan pemuda sudah menyambut pelaksanaan event tersebut.

“Mereka mendukung pelaksanaan Gayo Enduro. Para pemuda bahkan meminta agar sirkuit Gayo Enduro bisa dipermanenkan. Dan Gayo Enduro dapat menjadi kalender tahunan,” Kata Djumhur lagi.

Ide untuk pembuatan sirkuit permanen itu menurut Djumhur, layak diapresiasi, karena para pemuda memberi ruang kepada atlet di Dataran Tinggi Gayo agar venue olahraga sepeda bisa dibangun dan digunakan setiap waktu.

“Pada intinya, kita fokus Gayo Enduro, ke depan kita akan bahas bagaimana pembinaan olahraga sepeda lebih lanjut, demikian dengan Cabor lain di Aceh Tengah,” pungkasnya.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button