AcehBener MeriahDuniaGAYOlingkungan

Duta Muda Fairtrade dari Kokowa Gayo ini akan Bicara Krisis Lingkungan di Forum PBB

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Salah seorang perempuan asal Gayo, Siska Yuliana akan menyuarakan krisis lingkungan di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Siska Yuliana, perempuan berusia 26 tahun asal Kampung Simpang Balik, Wih Pesam ini, merupakan salah satu staf lapangan, yang jiga youth member Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowaga), yang merupakan koperasi kopi wanita pertama dibawah Pimpinan Rizkani Ahmad.

Program Kokowaga, yaitu one man one tree telah membawanya menjadi salah seorang anggota duta muda Fairtrade, yang akan berbicara di Dewan PPBB 2021, untuk Konferensi Perubahan Iklim atau lebih dikenal sebagai COP26.

Siska ternyata juga sering mengikuti jenjang pelatihan, seperti gender leadership school, sehingga kemampuan yang dimilikinya memberi Siska peluang berbicara di forum internasional tersebut.

“Benar saya terpilih sebagai salah satu duta muda Fairtrade, saya akan menjadi salah seorang yang akan berbicara tentang perubahan iklim dan dampaknya terhadap petani kecil pada konferensi PBB 2021,” Kata siska, dihubungi Suaragayo.com, Rabu (13/10/2021)

Konferensi perubahan iklim PBB ke-26 ini akan diselenggarakan di Kota Glasgow, Skotlandia.

Ia mengaku akan menyuarakan aspirasi petani di Gayo dengan adanya perubahan iklim saat ini. Selaku perwakilan dari Indonesia, ia juga akan menyuarakan nasib petani kecil terutama yang berada diwilayah Indonesia dan Asia Pasifik.

Jadwal berlangsungnya konferensi ini diperkirakan Siska antara 31 Oktober dan 12 November 2021.

“Diperkirakan acara ini akan berlangsung bulan November, Untuk sistemnya mungkin daring, karena masih pandemi COVID-19,” pungkasnya.

Dalam perannya sebagai pembicara di forum PBB itu, siska akan menyampaikan keinginan para petani kopi di tengah perubahan iklim, agar para pemimpin dunia yang hadir dapat mencari jalan keluar mengenai hal tersebut.

 

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button