GAYOTakengon

ESI Apresiasi Pelaksanaan Piala Bupati Aceh Tengah Cabor E-Sports

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Pelaksanaan Piala Bupati Aceh Tengah untuk Cabang Olahraga E-Sports tahun 2021 mendapat dukungan dari Ketua Pengurus Daerah E-sport Indonesia (ESI) Kabupaten Aceh Tengah, Win Y Rahman.

Ia mengaku sangat mendukung pelaksanaan pertandingan game Mobile Legend Bang Bang dan e-football PES yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Tengah sebagai salah satu upaya untuk mencari bibit berbakat menuju berbagai event di level provinsi maupun Nasional.

“Kita sangat mendukung Dispora Aceh Tengah dalam hal ini, apalagi Pengurus Daerah E-Sports Indonesia Kabupaten Aceh Tengah dipercayakan sebagai pelaksana lapangan,” kata Win Y Rahman, kepada SUARAGAYO.Com, Rabu (27/10/2021).

Pelaksanaan turnamen ini lanjut Win Rahman, merupakan salah satu bentuk seleksi terhadap para atlet e-sports di Kabupaten Aceh Tengah. Apalagi ESI Aceh Tengah pernah mengirim atlet untuk mengikuti event pra kualifikasi Pra PON, Piala Presiden dan turnaman di daerah lain.

“Namun Atlet ESI Aceh Tengah belum berhasil meraih prestasi yang maksimal,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, e-sports merupakan cabang olahraga yang sudah diakui secara Nasional. Untuk itu, sisi positif game ini dapat menjadi perhatian khusus bagi masyarakat.

“Kita merasa perlu melakukan sosialisasi, kemudian memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang bagaimana bermain game secara sehat, edukatif dan professional,” ucap Win Rahman.

Game dalam e-sport telah ditetapkan oleh PB ESI pusat dan mengacu pada Peraturan PB ESI Nomor 34 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Esports di Indonesia. Peraturan itu menyebut jumlah pemain game secara sehat, bahkan sikap dan prilaku dalam bermain game.
Pada PON XXI di Papua ada beberapa game yang dipertandingankan. Namun khusus piala bupati kali ini, hanya game Mobile Legend Bang-Bang (MLBB) dan e-football PES 2021 yang dipertandingkan.
Selain menjaring atlet, e-sports juga dapat membuka lapangan kerja yang luas di daerah. Bahkan e-sports bisa merambah bidang pariwisata tehknologi informasi, peranti keras dan lunak yang berpotensi menjadi peningkatan pendapatan bagi daerah.

“e-sport harus dibina diarahkan, diwasi dan dikendalikan,” tegas Win Rahman.

Kompetisi e-sports memperebutkan Piala Bupati Aceh Tengah tahun 2021 akan dihelat pada 2-7 November 2021. Babak kualifikasi dan semifinal akan digelar pada 2-6 November. Sementara 7 November akan dilakukan penentuan juara sekaligus penutupan kegiatan.

Win Rahman berharap, pengurus ESI Aceh Tengah dapat menjadikan e-sport menjadi cabang olahraga yang berprestasi.

“Kami minta dukungan dari semua pihak. Bukan hanya dari masyarakat tetapi juga dari pemerintah serta pihak swasta lainnya,” tambah Win Y Rahman.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button