AcehEkonomiGAYO

Gedung Telkom Terbakar di Pekan Baru, Komunikasi Warga di Gayo Terganggu

Jaringan putus total sejak Pulul 14.30 WIB

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Jaringan Telkomsel mati total untuk sebagian Wilayah Sumatera, Selasa (11/8/2020).

Berdasarkan amatan Suaragayo.com, warga Aceh tengah tidak dapat mengirimkan pesan maupun menggunakan gawai untuk mengakses internet sejak selasa siang.

Menurut salah seorang karyawan Telkom Takengon yang dihubungi Suaragayo.com, jaringan Telkomsel terganggu akibat terbakarnya sebuah gedung Telkom di wilayah Pekanbaru.

“Tadi kami dapat informasi di grup WhastApp, dari pimpinan kami dapat info gangguan ini karena ada gedung Telkom yang terbakar di Pekanbaru,” kata seorang karyawan Telkom yang enggan menyebutkan nama itu, Selasa (11/8/2020).

Informasi yang disampaikan kepadanya itu terkait pemberitaan yang beredar di grup WhatsApp yang dia ikuti.

Oleh karena itu, narasumber ini meminta Suaragayo.com mengkonfirmasi kepada Kepala Telkom langsung untuk informasi lebih jelas.

“Yang saya tahu, wifi tidak bermasalah. Kalau yang punya wifi masih bisa online,” sebutnya.

Gangguan Telkomsel berlangsung sejak Pukul 14.30 WIB, sejak informasi terbakarnya gedung itu mulai tersebar secara daring.

Bukan hanya di Takengon, gangguan jaringan Telkomsel dikabarkan juga terjadi di Aceh dan Sumatera Bagian Utara.

Aktivitas Daring Terganggu

Sementara itu Wahyuni, seorang ibu rumah tangga di Takengon Aceh Tengah, merasa terganggu dengan jaringan Telkomsel yang mati total.

Menurut Wahyuni, dirinya tidak dapat menghubungi keluarga yang biasa setiap hari dihubungi.

“Komunikasi sangat terganggu, karena biasa telepon keluarga. Sekarang tidak bisa lagi,” jelas Wahyuni, dihubungi Suaragayo.com, Selasa (11/8/2020) malam.

Salah satu yang tidak dapat dihubungi adalah anaknya yang berada diluar daerah. Sebab setiap hari anaknya selalu berkomunikasi dengan Wahyuni menanyakan perkembangan terkini di daerah.

“Biasanya kita tanya kabar, tukar informasi. Sekarang tidak bisa lagi,” ungkapnya.

Selain itu pekerjaan Wahyuni sebagai psikolog klinis juga terhambat. Karena biasanya Wahyuni menyiapkan waktu untuk membuka ruang konsultasi dengan klien, baik via telepon, pesan singkat maupun video call. Namun sejak jaringan Telkomsel tidak dapat diakses, Wahyuni tidak bisa melayani beberapa kliennya.

“Biasanya saya membuka ruang kosultasi, sharing kepada klien. Tapi sekarang tidak bisa karena tidak ada jaringan. Jadi saya tidak bisa melayani pasien secara daring,” tambah Wahyuni.

Pantauan Suaragayo.com, tidak sedikit warga Takengon yang keluar rumah untuk memastikan bahwa jaringan Telkomsel mengalami gangguan.

Sebab, sejak siang mereka tidak dapat mengakses informasi maupun berhubungan dengan orang tertentu

Bahkan tidak sedikit yang merasa ada gangguan pada gawainya. Karena selama ini tidak pernah terjadi gangguan internet dari Telkomsel hingga putus total selama beberapa jam.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button