GAYOTakengon

Hujan Deras, Air Tergenang di Jalan Sengeda Takengon Hingga di Atas Lutut Orang Dewasa

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Hujan deras yang melanda Takengon, Aceh Tengah, menyebabkan luapan air di Jalan Sengeda, Takengon, Aceh Tengah, Sabtu (22/8/2021).

Luapan air sepanjang kurang lebih 100 meter itu tingginta hingga diatas lutut orang dewasa.

Bahkan, bencana intensitas hujan yang tinggi pada Sabtu sore itu menyebabkan pengguna kendaraan roda dua dan empat tidak dapat melintasi jalur tersebut selama beberapa jam.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, Ishak dihubungi Suaragayo.com mengatakan, tim dari Tim Reaksi Cepat (TRC) dan personel pemadam kebakaran dan BPBD setempat langsung dikerahkan ke lokasi untuk menangani luapan air tersebut.

“Kita juga menurunkan satu unit armada pemadam kebakaran beserta mesin portabel untuk menyedot air yang menggenang di Jalan Sengeda ini,” kata Ishak.

Petugas yang turun berhasil menyedot air hingga surut selama kurang lebih satu jam lamanya.

“Air baru surut setelah kerja tim di lapangan dan saat hujan mulai mereda, Alhamdulillah menjelang magrib sudah tertangani,” jelas Ishak.

Pihaknya menduga, genangan air yang menganggu aktivitas warga disekitar Kota Takengon itu disebabkan persoalan drainase yang tak layak, serta parit yang telah ditutup oleh para pemilik ruko atau rumah dengan menggunakan semen, sehingga air hujan tidak dapat tertampung dengan baik.

“Pantauan kita, parit di kawasan Jalan Sengeda tidak lagi kelihatan karena tertutup semen di depan rumah atau ruko milik warga, sehingga saat air mengalir tidak masuk ke selokan,” ungkap Ishak.

Ia melanjutkan, perlebaran parit juga perlu dilakukan, sebagai salah satu upaya mengatasi genangan air di jalan yang menghubungkan sejumlah desa di Kebayakan dengan Terminal Lama tersebut.

“Selain semen di depan rumah dan di ruko warga perlu dibuka agar air saat hujan seperti ini bisa masuk, serta diperlukan drainase yang lebih besar untuk menampung air,” pungkas Ishak.***

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button