AcehGAYOKopi

Jokowi Akan Lepas Serentak Ekspor Produk Indonesia yang Bernilai Tambah, termasuk Kopi Arabika Gayo

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Sekitar 3 kontainer Kopi Arabika Gayo akan dilepas ekpor keluar negeri oleh Presiden Joko Widodo pada 3 Desember mendatang.

Rencana itu disampaikan Ketua Koperasi Permata Gayo, Ir Armia, dihubungi Suaragayo.com, Selasa (1/12/2020).

Menurut Armia, pihaknya telah menerima undangan dari Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, dalam surat undangan itu, pihaknya sebagai produsen Kopi Arabika Gayo diminta untuk memberikan update produk dan inovasi baru dari Koperasi Permata Gayo untuk diekspor secara perdana ada 3 Desember 2020.

“Untuk Aceh diwakili oleh 2 koperasi, kami Koperasi Permata Gayo menyediakan 1 kontainer untuk diekspor ke Inggris, sementara rekan kami PT Ketiara akan mengekspor 2 kontainer,” kata Ir Armia.

Pihaknya diberi tahu oleh pihak Kementerian Perdaganan dan Dinas Perdagangan Aceh, bahwa akspor secara offline akan dilakukan serentak dengan komiditi lain yang memiliki nilai tambah di beberapa Provinsi di Indonesia.

“Ini merupakan kegiatan untuk nenggairahkan kembali ekspor di Indonesia,” lanjut Armia.

Berdasarkan Surat Undangan Pelepasan Ekspor Kopi dari Indonesia ke Pasar Global oleh Presiden RI yang diterima Suaragayo.com, yang dirilis oleh Dinas Perdagangan Aceh, rencana pelepasan ekspor oleh Presiden Jokowi tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan ekspor non migas Kementerian Perdagangan RI.

Surat dari Dinas Perdagangan Aceh.

Dalam undangan yang ditandatangani Kadis Perdangan Aceh, Mohd Tanwier itu disebutkan, komoditi ekspor yang akan dilibatkan berasal dari 14 daerah di Indonesia, termasuk komidi kopi Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Surat undangan itu juga terlampir rundown, bahwa Presiden Jokowi dijadwalkan akan memberikan sambutan selama 7 menit, disusul pelepasan ekspor oleh presiden selama 10 menit.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button