AcehBener MeriahGAYO

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bener Meriah Bongkar Identitas Seorang Dokter yang Sembuh dari Covid-19

Dokter tersebut meminta warga tidak mendiskreditkan pasien Covid-19

Penulis: Iwan Bahagia

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Setelah dinyatakan kondisinya membaik oleh tim medis, hari ini salah seorang pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Bener Meriah diperbolehkan pulang.

Pasien yang berprofesi sebagai Dokter Spesialis Jiwa di RSUD Muyang Kute, Bener Meriah sebelumnya sempat menjalani perawatan di RSU Zainoel Abidin Banda Aceh.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah, Riswandika Putra, melalui siaran persnya yang diterima Suaragayo.com, Minggu (9/8/2020).

Dokter yang sempat positif Covid-19 itu ungkap Riswandika, telah memberikan izin kepada Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk mempublikasi identitasnya kepada awak media.

“Pasien bernama Insan Sarami Artanoga (36), seorang dokter Spesialis Kedokteran Jiwa di Rumah Sakit Umum Daerah Muyang Kute Kabupaten Bener Meriah,” jelas Riswandika.

Publikasi identitas itu kata Riswandika, diinginkan Dokter Insani, agar masyarakat mengetahui bahwa Covid-19 ini dapat disembuhkan.

Menurut Riswandika, dokter Insan menyampaikan supaya masyarakat menjaga diri dari penyebaran Covid-19.

Dokter Insan berpesan bahwa terinfeksi Covid-19 bukanlah sebuah aib bagi seseorang, apalagi dianggap sebagai penyakit turunan.

Dokter Insani meminta pasien Covid-9 tidak dikucilkan oleh masyarakat. Dengan demikian, apabila setiap warga dapat berpikir jernih dan saling mendukung, maka merupakan salah satu jalan terbaik untuk menghadapi wabah virus corona yang sedang meresahkan dunia itu.

“Kata Dokter Insani kepada kami, mari setiap kita mengubah stigma pada pandemi ini, untuk pasien yang terpapar jangan menstigmasi diri bahwa anda merupakan sumber penularan virus ini,” ucap Riswandika.

Berikutnya, kepada Riswandika, Dokter Insani mengungkapkan agar setiap masyarakat tidak mengucilkan dan memberi stigma kepada pasien Covid-19 beserta keluarganya.

“Dokter Insani juga bilang, mari kita bantu, kita berikan motivasi secara psikis kepada pasien dan keluarga. Saat ini Dokter Insani melihat sudah mulai ada gerakan sosial untuk membantu pasien dan keluarga, hal itu sangat didukung oleh dokter,” sebut Riswandika Putra mengulangi ucapan Dokter Insan.

Saat ini sebut Riswandika, dokter Insani tengah menjalani isolasi mandiri dirumahnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button