GAYOOlahragaTakengon

Jumlah Pasien COVID-19 Meningkat, Wisata Arung Jeram di Aceh Tengah Tutup Sementara

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Wisata Arung Jeram Arul Badak, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah ditutup sementara bagi wisatawan selama masa pandemi berlangsung.

Hal itu dilakukan karena semakin melonjaknya jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Aceh Tengah, yang berujung pada Surat Edaran Bupati Nomor 2300 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Kampung untuk pengendalian penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Salah seorang founder Koperasi Jasa Wisata Alam Gayo sebagai penyedia jasa wisata arung jeram, M Ibnu Akbar, saat dihubungi Suaragayo.com, Minggu (25/7/2021) mengatakan, wisata ini tidak dibuka selama masa pandemi berlangsung. Bahkan sebelum surat edaran bupati dikeluarkan.

Aktivitas arung jeram yang dihentikan mengharuskan sejumlah pemandu yang bekerja dinonaktifkan sementara waktu.

“Ada sekitar 30 pemandu kami yang terdiri dari 20 pria dan 10 wanita dirumahkan akibat pandemi ini,” ujar Akbar.

Hal ini tentu sangat berdampak pada perekonomian warga sekitar wilayah arung jeram tersebut.

“Dengan adanya pendemi tentunya sangat berdampak pada perekonomian kitasebagai pengelola dan warga sekitar,” ungkap Akbar.

Namun pihaknya mengecualikan bagi atlet Cabang Olahraga (Cabor) arung jeram yang tengah bersiap untuk Pra PORA. Sebab, Aceh Tengah menjadi tuan rumah dalam kejuaraan yang akan digelar dalam beberapa bulan mendatang.

 

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button