GAYOTakengon

Kabar Gembira, Warga Serule dan Atu Payung di Aceh Tengah Akan Segera Bisa Akses Internet

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Warga Kampung Serule dan Atu Payung, Kecamatan Bintang, tidak berapa lama lagi akan menikmati jaringan telekomunikasi digital dan internet.

Hal itu menjadi rencana Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Aceh Tengah, untuk menjawab keluhan masyarakat akan akses internet di era 4.0 ini.

Sebab hingga saat ini masyarakat di Kampung Serule dan Atu Payung di kecamatan Bintang hingga saat ini masih kesulitan mengakses jaringan telekomunikasi.

Dilansir dari acehtengahkab.id, Diskominfo Aceh Tengah ternyata sudah lama merangkul Asosiasi Pengelola Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk terlibag dalam pemasangan sarana dan prasarana telekomunikasi di daerah ini, namun dengan berbagai alasan, hal itu belum bisa terealisasi.

Sementara kebutuhan akan akses telekomunikasi digital dan internet semakin dirasakan oleh masyarakat setempat, Dismominfo kemudian memmasang jaringan internet milik Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes, pemasangan instalasi internrt di kawasan Serule ini dilakukan setelah survey di sejumlah titik di kawasan tersebut.

Ia menjelaskan, meski dengan jangkauan terbatas, pemasangan tower internet di Serule dianggap mampu memenuhi kebutuhan jaringan internet bagi warga sekitar.

“Berdasarkan survei lapangan yang telah kami lakukan beberapa kali pada tahun lalu, kami menganggap pemasangan tower dan jaringan di kawasn ini akan mampu menjadi solusi kebutuhan jaringan telekomunikasi dan internet di daerah yang tergolong terpencil ini, memang jangkauan intranet memiliki keterbatasan area, namun karena kawasan ini juga tidak terlalu luas, Insya Allah akan bisa terjangkau semuanya dengan pesangan internet ini,” ungkap Khairuddin Yoes, Rabu (13/1/2021), usai memantau persiapan pemasangan tower internet di titik Kilometer 123 Serule, Kecamatan Bintang.

Penentuan lokasi pemasangan tower lanjutnya, akan dilakukan beberapa hari kedepan, dengan harapan akan mampu menjawab permintaan masyarakat setempat akan akses internet yang selama ini belum terpenuhi oleh operator komersial.

Jangkauan internet di lokasi ini ditargetkan mencapai radius kurang lebih satu kilometer persegi, ditargetkan memenuhi kebutuhan internet bagi hampir seluruh kampung Serule dan Atu Payung.

Jaringan internet yang akan di pasang di kawasan ini merupakan jaringan internet  milik Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, yang semula untuk membantu kinerja SKPK di daerah itu, agar memperkuat sinyal dan layanan internet pada instansi pemerintah lingkup Pemkab Kabupaten Aceh Tengah.

Namun dengan setelah terpasangnya jaringan kabel fiber optik di seputaran kota Takengon, jaringan internet tersebut bisa dialihkan untuk membantu masyarakat di daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi dari operator swasta.

Kepada masyarakat di sekitar lokasi pemasangan tower intranet, Yoes berpesan agar dapat bersama-sama menjaga keselamatan sarana dan prasarana internet tersebut, karena keberadaannya sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Kepada bapak ibu dan para pemuda di kampung Serule dan Atu Payung, kami mengharapkan kerjasamanya untuk sama-sama menjaga keselamatan peralatan ini, karena ini adalah milik kita bersama dan manfaatnyapun bapak ibu sekalian yang akan merasakannya,” pungkas Khairuddin Yoes.

 

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button