GAYOTakengon

Kalak BPBD Aceh Tengah Sebut Genangan air di Jalan Sengeda Tertinggi Kali ini

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Ishak mengatakan, Airyang meluap sekitar 100 meter di Jalan Sengeda, Takengon, Aceh Tengah, Sabtu (21/8/2021), merupakan genangan yang tertinggi sepanjang bencana yang penah terjadi dikawasan itu.

“Sejak Idul Adha, genangan air yang tertinggi baru kali ini terjadi. Hingga diatas lutut orang dewasa,” kata Ishak, dihubungi Sabtu (21/8/2021).

Menurutnya, genangan air memang diketahui sering terjadi di sepanjang Jalan Sengeda, namun tidak setinggi Sabtu sore, padahal hujan deras hanya terjadi sekitar satu jam saja.

Ia melanjutkan, genangan air diduga terjadi akibat tertutupnya parit yang ada di Jalan Sengeda, sehingga air yang mengalir tak bermuara.

“Kami pantau, nyaris tidak ada lubang yang bisa dimasuki air disepanjang jalan itu, parit yang ada di depan rumah dan ruko tertutup semen yang diduga dibuat warga,” ucap Ishak.

Selain itu, ia menyebut drainase atau parit yang tersedia terbilang kecil, sehingga tidak mampu menampung air secara maksimal, akibatnya air menggenangi jalan Sengeda yang mengbungkan beberapa desa di Kecamatan Bebesen dan Kebayakan, dan Lut Tawar itu.

“Memang selain tertutup semen yang dibuat warga, parit yang ada terbilang kecil, jadi perlu parit yang lebih besar untuk menampung air,” ujarnya.

Selain genangan air di Jalan Sengeda, Sabtu sore, BPBD Aceh Tengah beserta tim TRC terlibat dalam menangangi bencana seperti sejumlah rumah rusak di Kecamatan Kebayakan dan Bebesen yang diakibatkan angin kencang saat hujan deras berlangsung, demikian denga  banjir bandang di Kecamatan Kute Panang yang sempat menghalangi akses kendaraan.

“Untuk banjir bandang terjadi di  Tapak Moge. Besok tim kami akan menangani. Karena kondisi malam ini berbahaya,” ungkapnya.

Ishak mengaku, penanganan genangan air di Jalan Sengeda Takengon, sudah berhasil dilakukan pada Sabtu petang.***

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button