GAYONasionalTakengon

Kampung Blang Kolak 1 Masuk Nomimasi 10 Besar Nasional Keterbukaan Informasi Publik

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Kampung Blang Kolak 1, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah masuk nominasi Desa Terbaik Keterbukaan Informasi se-Indonesia.

Kampung yang mewakili Aceh dalam event yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) yang bekerjasama dengan Kementerian Desa (Kemendes) RI tersebut menunjuk Blang Kolak 1 dengan 9 Desa dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Menurut Reje Kampung Blang Kolak 1, Asri Kandi, pihaknya telah menerima informasi dari tim dari Pemerintah Aceh yang terdiri dari Komisi Informasi Aceh (KIA), Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh (Kominsa) dan Dinas Pemerdayaan Masyarakat Gampong (DPMG).

“Alhamdulillah ada kabar dari tim dari provinsi pada HUT RI ke-76 ini, bahwa kita masuk 10 besar tingkat Nasional, dan ini merupakan kado kemerdekaan tepat pada 17 Agustus ini,” ucap Asri, ditemui dikantornya, Selasa (17/8/2021).

 

Ia menjelaskan, selama ini isu keterbukaan informasi menjadi salah satu persoalan serius yang harus dilakukan, untuk memberikan kepercayaan kepada warga terkait perolehan data dan informasi yang dibutuhkan.

“Selama ini tim dari provinsi hingga kabupaten dan tim kita di Kampung Blang Kolak 1 sudah bekerja keras untuk menjalankan keterbukaan, salah satunya dengan PPID,” sebut Asri.

Terkait keterbukaan informasi ungkap Asri, pihaknya berkomitmen untuk menjalankan PPID beserta inovasi untuk mendorong pembangunan daerah.

“Keterbukaan informasi menurut kami merupakan sesuatu yang penting. Karena warga kapan saja bisa mengetahui aktivitas administrasi maupun informasi yang penting untuk diketahui, sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” papar Asri.

Selama mengikuti perlombaan lanjut Asri, ia terus didukung oleh KIA, Dinas Kominsa dan DPMG Aceh, demikian dengan Bupati Aceh Tengah hingga dinas terkait.

“Kami berterima kasih banyak kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama Bupati Aceh Tengah yang mendukung penuh keterbukaan informasi Kampung Blang Kolak 1,” ungkap Asri.***

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button