Bener MeriahGAYOHukum

Kapolres Bener Meriah: Sanksi Sosial untuk Tangani Covid-19 Harus Diberlakukan

Penulis: Iwan Bahagia

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Wakil Ketua 2 Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah yang juga Kapolres Aceh Tengah, AKBP Siswoyo Adi Wijaya S IK menjelaskan, Satgas tak bisa bekerja sendiri dalam hal memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Menurutnya, kesadaran dan peran setiap individu masyarakat menjadi faktor penting dalam penanggulangan sekaligus menekan angka kasus Covid-19.

“Bila ingin negara dan daerah ini terbebas dari Covid 19 serta perekonomian normal kembali maka diharapkan semua masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) dalam melakukan rutinitas sehari-hari,” kata AKBP Siswoyo Adi Wijaya S IK, seperti rilis yang diterima Suaragayo.com dari Jubir Satgas Covid-19 Bener Meriah, Khalisudin, Senin (19/10/2020).

Dilanjutkan, Salah satu upaya maksimal mendorong peran serta masyarakat dalam menangani pandemi ini, paling efektif adalah mengarahkan semua Reje untuk membuat kesepakatan tertulis kepada semua warganya dengan mencantumkan sanksi sosial.

“Contoh, semua warga kampung diwajibkan memakai masker bila keluar rumah. Dan apabila ada warga yang terinfeksi Covid-19, maka harus mengisolasi diri baik mandiri ataupun di RS rujukan. Dan bila ada warga yang positif Covid-19 meninggal dunia, maka keluarga harus bersedia dilakukan pemulasaran jenazah sesuai protokol Covid-19,” ungkap Siswoyo.

Namun menurutnya, hal itu harus disepakati oleh seluruh masyarakat di setiap kampung, namun jika tidak, maka sanksi yang telah disepakati harus ditegakkan. Apakah itu sanksi sosial atau sejenisnya.

Persiapan pemulasaran jenazah di Bener Meriah.

Ia juga menyampaikan, untuk menjalankan itu, sudah memerintahkan seluruh Kapolsek untuk berkoordinasi dengan Forkopimcam dan Reje Kampung agar membuat kesepakatan tertulis.

“Intinya penguatan penerapan sanksi sosial dengan secara langsung membuat setiap warga berjanji dan menaatinya. Kalau ada yang melanggar, pastikan hukum sosial akan berlaku, yang bersangkutan akan malu dengan sendirinya,” tegas Wakil Ketua Satgas Covid-19 Bener Meriah ini.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button