AcehGAYOTakengon

Kasus Pertama di Aceh Tengah, Tenaga kesehatan Meninggal Dunia Setelah Positif Covid-19

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Seorang analis RSU Datu Beru yang dinyatakan positif Covid-19 meninggal dunia di sekitar Pukul 02.30 WIB dini hari, Rabu (16/9/2020).

Tenaga kesehatan itu merupakan seorang perempuan berinisial RT, warga yang tinggal disalah satu desa di Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

“Yang bersangkutan sudah dirawat di RSU Datu Beru sekitar Tanggal 11 September lalu, selama kurang lebih empat hari,” kata Kepala RSU Datu Beru Takengon, dr Hardi Yanis.

Menurut Hardi Yanis, pasien tersebut sempat mengalami demam tinggi sepulang mengantar anaknya ke Banda Aceh.

“Sekitar seminggu yang lalu beliau mengantar anak mengikuti test sekolah di Banda Aceh, pulangnya sudah mengalami sakit,” kata Hardi Yanis, lewat sambungan telepon selulernya.

Setelah mendapatkan perawatan di RSUD Datu Beru, RT kemudian memiliki indikasi medis ke arah Covid-19.

“Selama dirawat kurang lebih empat hari, indikasi medisnya terlihat seperti gejala Covid-19, seperti demam tinggi dan sebagainnya,” ujar Hardi.

Kemudian pihak tenaga medis mengambil sampel lendir pasien, dan mengirimkannya ke salah satu laboratorium di Sunatera Utara. Hasilnya, RT didiagnosa positif Covid-19.

Setelah itu, RT diinapkan ke Ruang Pinere RSU Datu Beru yang merupakan ruang khusus pasien Covid-19.

“Di Ruang Pinere, RT kemudian dinyatakan meninggal dunia,” ungkap Hardi Yanis.

Diduga, RT yang memiliki riwayat penyakit penyerta itu terpapar Covid-19 selama berada di Banda Aceh saat mengantar anaknya, bukan di RSU Datu Beru Takengon.

“Jenazah sudah diproses fardhu khifayah di RSU Datu Beru, dan sudah dikebumikan siang ini,” sebut Hardi Yanis.

Informasi yang diperoleh Suaragayo.com, Proses pemakaman jenazah RT berlangsung sesuai protokol Covid-19 di kawasan Kute Panang, Aceh Tengah

 

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button