Bener MeriahGAYOSosial

Kesaksian Warga saat Kebakaran Hebat di Bener Meriah: 12 Rumah Hangus Terbakar, 1 Warga Terluka

Damkar Aceh Tengah, Water Canon milik Brimob dan Damkar Bandara Datang Membantu.

Penulis: Iwan Bahagia 

BENER MERIAH, SUARAGAYO.com – Peristiwa kebakaran di Pusat Pasar Simpang Tiga, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, ternyata menghanguskan 12 bangunan ruko.

Menurut Ardiata, seorang warga Kampung Simpang Tiga yang menyaksikan peristiwa kebakaran, sekitar 8 bangunan ruko yang terbuat dari papan, rata dengan tanah.

Sementara 4 bangunan ruko permanen juga ikut dilalap si jago merah.

Sekitar 6 rumah warga juga terimbas dari peristiwa kebakaran yang menghebohkan warga Bener Meriah tersebut.

Ardiata bercerita, mulanya warga melihat ada asap yang keluar dari deretan toko baju serta warung makan yang terbuat dari papan.

Melihat itu, sejumlah warga langsung ikut serta mengevakuasi barang-barang di dalam sejumlah ruko tersebut. Namun karena api semakin membesar, semua bangunan terbuat dari papan itu akhirnya terbakar, dan tidak banyak barang yang bisa diselamatkan.

Toko papan itu merupakan bangunan lama yang belum direnovasi, sehingga memudahkan api menyebar dan membesar.

Dilanjutkan Ardiata, sejumlah warga juga membantu dengan melempari air kemasan yang membakar bangunan tersebut, agar bisa meredakan sedikit api yang terus membesar. Sebab pemadam kebakaran di wilayah Redelong saat itu belum juga tiba.

“Beberapa warga juga sempat menelepon rekan di Damkar Simpang Tiga, dan akhirnya datang Damkar dari Kecamatan Bandar, namun tidak bisa berbuat banyak, karena pasokan air habis. Begitu juga damkar dari Wih Pesam,” ujar Ardiata.

Bantuan kemudian datang dari kabupaten tetangga, Aceh Tengah. Dua unit Damkar hadir bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Aceh Tengah.

Bukan hanya itu, mobil water canon milik Satuan Brimob Bener Meriah beserta mobil tangki air bersih milik warga, serta sebuah mobil pemadam operasional milik Bandar Udara Rembele juga tiba dilokasi.

Bala bantuan ini datang cukup membantu proses pemadaman, karena dengan segera memadamkan api sehingga kebakaran tidak meluas ke bangunan lain disekitar pasar.

“Sebagai warga Simpang Tiga, khususnya Bener Meriah berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada Damkar Aceh Tengah dan seluruh pihak yang membantu dalam menangani kebakaran hebat ini, Alhamdulillah,” ungkap Ardiata.

Dirinya mengaku mendapatkan informasi bahwa kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Ardiata mengetahui tidak ada korban dalam kebakaran hebat itu . Tetapi, salah seorang warga bernama Muzakir asal Kampung Blang Sentang mengalami luka, karena, jari tangannya terkena sayatan benda tajam. Bahkan Muzakir juga tertimpa besi dari bangunan yang terbakar itu.

“Dia terluka karena ingin membantu membantu warga mengevakuasi barang di rumah yang terbakar,” ucap Ardiata.

Sementara itu saat dihubungi Suaragayo.com, Kepala Pelaksana BPBD Bener Meriah, Abdul Kadir sejak sore hingga Jumat malam tidak mengangkat telepon saat akan ditanya mengenai peristiwa ini.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button