AcehGAYOOlahragaTakengonTravel

Ketua KONI Aceh Tengah Dukung Arung Jeram Sebagai Sport Tourism di Aceh

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Aceh Tengah, Djumhur Abubakar berharap Pemkab Aceh Tengah berperan untuk menjadikan Arung Jeram sebagai sport tourism di daerah itu.

Hal itu dikatakan Djumhur saat memberikan sambutan dalam acara penutupan Pra Pekan Olah Raga Aceh (PORA) di sungai Pesangan di Kampung Lukup Badak, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Jum’at (8/10/2021).

Kegiatan itu dihadiri Ketua PB FAJI Pusat, Amalia Yunita, Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Alam Setdakab Aceh Tengah, Khaidir, Plt Kadispora Aceh Tengah, Zulfan Diara Gayo, dan Pengurus FAJI Aceh serta Pengcab FAJI dari berbagai Kabupaten/ kota di Aceh.

Djumhur mengatakan, KONI Aceh Tengah sangat mendukung upaya pengembangan sport tourism untuk atraksi Arung Jeram di daerah tersebut.

“KONI Aceh Tengah Sangat mendukung program sport tourism dan eko tourism untuk wisata Olahraga,” jelas mantan Pimpinan Yayasan Leuser Internasional (YLI) di Bener Meriah itu.

Melalui kegiatan Pra PORA Cabang Olahraga Arung Jeram lanjut Djumhur, pihaknya berharap kepada Pemerintah Kabpaten Aceh Tengah dapat membantu mengembangkan olahraga arung jeram ini menjadi salah satu sport eko tourism di Aceh.

Dengan demikian ungkap Djumhur, maka akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di sepanjang pinggiran Sungai Pesangan yang membelah beberapa kabupaten, kecamatan dan bahkan desa.

“Kami melihat antusiasme dari masyarakat yang menyaksikan kejuaraan arung jeram ini sangat luar biasa,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh Pengurus Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Aceh dan Seluruh Pengcab FAJI yang berada di seluruh kabupaten/ kota.

“Karena hari ini, di tengah pandemi ini, kita masih bisa melakukan kegiatan, dan ini adalah menjadi salah satu barometer bahwa sebenarnya kita telah mencapai pada kondisi yang lebih baik,” papar Djumhur.

Kepada seluruh atlet dari kabupaten/ kota yang ikut dalam single event dan multi event Piala Bupati Aceh Tengah, dan Pra Pekan olahraga Aceh, kata Djumhur, semoga dapat terus mengembangkan olahraga arung jeram.

“Selamat kepada peserta yang lolos ke PORA 2022 Di Pidie, dan kepada peserta dari kabupaten/ kota yang belum berhasil, mudah-mudahan pada kesempatan empat tahun yang akan datang, ini akan sukses,” ucap Djumhur.

Sebagai informasi, tim arung jeram putra yang lolos ke PORA Pidie adalah Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Banda Aceh, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Timur dan Aceh Singkil.

Sedangkan untuk atler Putri, akan diwakili oleh Aceh Tengah, Bireun, Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Pidie Jaya dan Aceh Jaya.

 

Editor: Iwan Bahagia

 

 

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button