GAYOPolitikTakengon

Ketua P2R Kampung Simpang Empat: Kami Akui Ada Kesalahan

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Ketua Panitia Pemilihan Reje (P2R) Kampung Simpang Empat, Kecamatan Bebesen, Sumaryono mengakui terkait sejumlah kekeliruan dalam pelaksanaan pemilihan reje di kampung itu.

Namun Sumaryono mengaku, kekeliruan yang terjadi bukan tanpa sebab. Termasuk untuk menghitung jumlah surat suara bersama para saksi ketujuh calon suara sebelum dicoblos.

Ia mengaku jika sesuai jadwal, penyelenggaraan harusnya dimulai Pukul 07.30 WIB. Tetapi sejumlah Calon Reje datang terlambat, padahal Camat Bebesen sudah hadir sejak pagi.

“Sejumlah calon dan beberapa saksi baru hadir sekitar Pukul 08.30 WIB. Kami berniat melakukan penghitungan surat suara awalnya. Belum lagi hujan pagi itu, jadi sempat tertunda pelaksanaan pemilihan,” jelas Sumaryono, dihubungi Suaragayo.com, Minggu (13/12/2020).

Pemilihan Reje Kampung Simpang Empat sebut Sumaryono, akhirnya baru memulai pelaksanaan pemilihan Pukil 09.00 WIB.

Meski demikian, sebagai Ketua P2R, Sumaryono mengakui kesalahan yang dilakukan yang berujung aksi protes yang dilakukan oleh sejumlah kandidat peserta pemilihan reje Kampung Simpang Empat.

“Saya hanya melipat. Ketika surat suara dihitung sudah tepat, lalu dimasukkan ke kotak suara sebelum pemilihan. Selanjutnya saya fokus dengan proses pemilihan, jadi saya tidak tahu penyebab terjadinya surat suara yang hilang itu,”

“Saat pemilihan berlangsung, kertas suara itu ada dibelakang meja. Kami tidak fokus lagi dengan posisi surat suara. Apalagi orang ramai disitu. Jadi kami tidak tahu kenapa jadi anu (surat suara hilang),” tambah Sumaryono.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah kandidat Calon Reje Kampung Simpang Empat, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, menyampaikan rasa kecewanya terhadap P2R reje kampung itu. Panitia dianggap tidak profesional menyelenggarakan pemilihan, mulai dari tidak ada absensi pemilih dan jumlah surat suara yang tidak sesuai dengan jumlah yang disebutkan panitia.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button