AcehBudayaGAYOTakengon

Ketua Ikatan Pelukis Indonesia Aceh: Kami Siap Bersinergi dengan Pemerintah

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Ikatan Pelukis Indonesia (IPI) Aceh resmi terbentuk. Digawangi Kamaruzzaman, seorang pelukis berpengalaman yang terpilih baru-baru ini.

“Alhamdulillah telah terbentuk ikatan pelukis Indonesia (IPI) cabang Aceh, bertempat di Jalan Makam pahlawan, Reje bukit, Lorong Petua Ucak Nomor 101, Kecamatan Bebesen Aceh Tengah,” kata Kamaruzzaman yang akrab disapa Agam, Ketua IPI terpilih melalui pesan singkatnya, Rabu (9/12/2020).

Berdirinya IPI Cabang Aceh yang bermarkas di Takengon jelas Agam, tidak lepas dari antusias seniman rupa yang selama ini terus berkarya di bidang masing-masing namun tidak memiliki payung hukum untuk sebuah legalitas sanggar atau komunitas.

Suasana pembentukan IPI Aceh baru-baru ini di Takengon.

“IPI hadir memberikan solusi untuk para pegiat seni rupa di seluruh indonesia termasuk aceh untuk lebih mudah bekerja sama dengan pemerintah ataupun dengan swasta ketika membuat sebuah even pameran, pelatihan, dan lain-lain,” sebut Agam.

Menurutnya, peranan seni rupa dianggap penting dalam membangun sebuah daerah, dan menjadi sesuatu yang mutlak. Apalagi daerah yang memiliki gelar kota wisata seperti Takengon atau Sabang, yang setiap lekuknya memiliki keindahan yang membuat semua orang akan menjadi rindu suasana tersebut.

“Apalagi Kalau kita bercara tentang kopi Gayo yang menjadi komuditi terbaik untuk mengumpulkan pundi pundi PAD telah di akui dunia karena tumbuh di atas ketinggian 1600 mdpl dengan suhu 13-17 derajat memiliki aroma dan rasa yang khas dan tajam,” ungkap Agam.

Maka dari itu tambah Agam, IPI melihat pentingnya sebuah organisasi yang menjadi wadah perupa, untuk memudahkan kerja perupa dengan bekerja sama dengan pihak pemerintah dan swasta.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button