Bener MeriahEdukasiGAYO

Kisah Inspirasi, Anak Petani dari Bener Meriah Raih Beasiswa Doktor ke Hongaria

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Dibesarkan dari keluarga petani, pria ini sejak lama memimpikan bisa meraih pendidikan tinggi, bahkan sampai ke luar negeri.

Siapa sangka, impian itu tercapai. Meski ekonomi orangtuanya tidak menentu, pria ini mampu mewujudkan keinginan dengan giat belajar dan berorganisasi.

Adalah Agustiyara, pria kelahiran Kampung Keramat Jaya, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Aceh ini, sebelumnya memiliki beragam capaian dalam studinya.

Agustiyara lahir 8Agustus 1994, anak kedua dari dua bersaudara.

Bagi Agus, Memiliki mimpi untuk terus sekolah hingga pendidikan tinggi, merupakan sebuah keharusan. Meski sempat diremehkan oleh beberapa orang karena tekadnya yang dianggap sulit.

Apalagi saat kuliah, penghasilan orangtuanya tidak dapat menopang biaya hidup Agustiyara yang mengejar studi sarjana di Yogyakarta.

Bahkan, Agus sempat berpikir, sekolah tinggi hanya untuk orang-orang kaya saja.

Namun, karena tekad yang kuat untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Agus tidak pernah menyerah.

Bukti itu diperlihatkan Agus dalam capaian bidang akademis. Pria ini merupakan seorang mahasiswa unggulan yang aktif berorganisasi di kampusnya. Berkat kerja kerasnya, Agus bahkan dipercaya oleh kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke University Sains di Malaysia, sekitar tahun 2014-2015.

Setelah lulus dari UMY, Agus mendapatkan beasiswa melanjutkan program magister ke Khon Kaen University, Thailand pada tahun 2017-2019.

Agus yang saat ini bekerja sebagai Peneliti di Jusuf Kalla School of Government (JKSG), akan berangkat ke Hungaria untuk melanjutkan  program doktoral di kampus ELTE Eötvös Loránd University, Hungaria.

Kepada Suaragayo.com, Senin (8/12/2022), Agustiyara yang merupakan anggota Keluarga Alumni Yogyakarta (Kagayo) ini mengatakan, mencampai impian adalah sebuah keharusan, dengan tidak diam berpangku tangan tanpa usaha yang keras.

“angan takut untuk bermimpi, mimpi bukanlah tentang uang, tapi keyakinan dan harapan. Bermimpilah untuk menjadi orang besar dan dekatlah dengan yang maha besar. Maka kamu akan didekatkan dengan orang-orang yang akan mengantarkanmu untuk menjadi orang yang besar,” jelas Agus.

Sebelum berangkat ke Hungaria, Agus akan berbagi pengalaman bersama sejumlah mahasiswa, para pelajar dan masyarakat umum yang membutuhkan masukan dari dirinya.

“Insya allah kegiatan akan dilakukan di dataran tinggi Gayo, yang nanti akan di motori oleh Kagayo,” pungkas Agus.

 

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button