GAYOSosialTakengon

Kisah Kasmida, Bidan di Jamat Linge yang Terbiasa Lewati Lumpe dan Menumpang Mobil Pengangkut Hewan

Penulis : Nihayatul Afifah Husna

TAKENGON,SUARAGAYO.Com – Kasmida menjadi bidan desa pertama bertugas di Desa Jamat, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah. Istri dari Jainuddin itu mengisahkan perjuangannya dimulai tahun 2000 silam.

Saat itu, tidak ada bidan desa untuk Desa Jamat, Sikinel, Kute Reje dan Reje Payung. Empat desa itu pula menjadi wilayah kerja ibu lima anak itu.

Era itu layanan kesehatan dari pintu ke pintu. Mendatangi rumah satu ke rumah lainnya.

Tak mudah bagi seorang wanita mengabdi di pedalaman itu. Dia terbiasa melewati lumpe (seutas tali) yang digunakan untuk menyeberang sungai. Jika angin kencang, tali itu goyang. Ibu ini pun berdoa dalam hati. Agar selamat dan tak terjatuh ke sungai yang mengalir deras.

“Hanya tidak banjir saya bisa menyeberang sungai dari bawah. Masuk saja langsung ke sungai itu lalu menyeberang,” kenangnya.

Untuk menuju pusat kota Takengon yang jaraknya kala itu bisa 4 hingga 6 jam, dia terpaksa menumpang mobil pengangkut sayur dan hewan ternak. Sebab Kasmida tak punya kendaraan pribadi.

Kasmida. (Foto: Dok pribadi)

“Dulu itu saya tunduk dibawah Puskesmas Isaq, Jauh kan ke Isaq. Maka, saya titip laporan kinerja ke pedagang yang lewat ke Isak,” katanya.

Ia kemudian sempat melanjutkan pendidikan keperawatan pada 2006.

Lalu, 2017, Kasmida sempat dipindahtugaskan ke Puskesmas Ketapang. Namun, jarak membuatnya nyaris menyerah. Kerap kali dia terjatuh melewati jalanan nan licin menuju Puskesmas Ketapang.

Baru 2019, dia minta dipindahtugaskan kembali ke Puskesmas Pembantu (Pustu) Jamat. Kecintaannya akan Jamat membuatnya ingin berkhidmat di desa itu.

Seluruh ketakutan sudah dilewatinya. “Saya tahunya tuh hanya membantu masyarakat. Tak peduli apa kata orang. Terpenting kehadiran saya di Jamat bermanfaat untuk warga,” pungkasnya.

Editor : Aman Dimas

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button