AcehBener MeriahGAYOKopi

Kokowowa Gayo Bener Meriah Sabet Penghargaan Koperasi Produsen Berpestasi Kedua se-Aceh

KSU Arinagata Aceh Tengah Peroleh Posisi Tiga

Penulis: Desi Mentari

ACEH – SUARAGAYO.com – Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowa Gayo) adalah koperasi yang terdiri dari para wanita Gayo di Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Dipimpin oleh seorang wanita yang bernama Rizkani Ahmad, dengan beranggotalan para perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Koperasi ini telah mengikuti sebuah ajang perlombaan penghargaan koperasi yang diselenggarakan oleh dinas koperasi dan UKM Provinsi Aceh.

Pada Minggu (16/8/2020), pengumuman juara koperasi diumumkan di Provinsi Aceh. Kokowaga Gayo mendapatkan Peringkat ke-II Koperasi Berprestasi dengan jenis Koperasi Produsen.

Penghargaan tersebut diserahkan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam sebuah acara di Gedung PLUT KUMKM Aceh di Kompleks Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh, Minggu (16/8/2020) petang.

“Seleksi ini sudah dilakukan sejak satu bulan lalu dengan mewawancarai pengurus koperasi di seluruh Aceh, juri penilai langsung mendatangi Kokowaga dan melakukan penilaian. Beberapa persyaratan harus dipenuhi agar memenuhi kriteria dalam perlombaan,” kata Rizkani, dihubungi Suaragayo.com, Senin (17/8/2020).

Menurut Riskani, sebuah perhargaan yang didapat sebagai salah satu bentuk konsistensi koperasi ini yang bekerja dengan para perempuan di Dataran Tinggi Gayo.

“Penghargaan diserahkan oleh Plt Gubenur Aceh Nova Iriansyah didampingi istri di Galery PLUT Aceh Dinas Kop dan UMK Provinsi,” jelas ujar Riskani.

Kokowa Gayo ungkap Rizkani, beranggotakan 376 petani yang tersebar di 7 kampung di Bener Meriah.

Saat itu jelas Rizkani, Plt Gubernur mengingatkan agar dinas terkait tidak hanya sekedar menyerahkan piagam, tetapi ikut membina koperasi yang ada dengan memberikan pendanaan melalui bank.

Plt Gubernur ungkap Rizkani, juga akan merekomendasi kepada koperasi berprestasi ini untuk mendapatkan pendanaan tersebut.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasihnya kepada Pemerintah Aceh, karena telah menggelar kegiatan yang menyentuh koperasi diseluruh daerah.

“Terima kasih sudah memberikan penilaian yang terbaik kepada kami dan melalui penghargaan ini kami akan terus membenahi koperasi untuk mencapai kesejahteraan anggota yang semuanya perempuan, melalui usaha produksi kopi dan semoga tahun depan juga mendapat penghargaan koperasi lagi,” kata Rizkani.

Koperasi jenis produsen yang memperoleh penghargaan itu adalah Primer Koperasi Kapota Yuda Banda Aceh sebagai Koperasi Berprestasi ke-I, Berprestasi ke-II Kokowa Gayo Bener Meriah, dan Beprestasi ke-III KSU Arinagata Aceh Tengah

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat itu juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 15 koperasi berprestasi tingkat provinsi se-Aceh tahun 2020, sekaligus dengan launching Galeri Produk KUMKM Diskop UKM Aceh.

Penghargaan itu dilakukan sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Koperasi Ke-73 dan Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Ke-5 se-Aceh.

Piagam Penghargaan yang diterima Kokowa Gayo.
Suasana penyerahan piagam penghargaan oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Minggu (6/8/2020).j

Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2020 itu berjumlah 15 koperasi, tersebar di sembilan daerah di Aceh, yakni Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Aceh Timur, Langsa, Tamiang, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, dan koperasi binaan provinsi.

Ditinjau dari jenisnya, koperasi yang berprestasi itu terdiri atas koperasi simpan pinjam, konsumen, produsen, pemasaran, dan jasa

Kokowa Gayo di Bener Meriah memperoleh penghargaan untuk jenis koperasi produsen.

Nama koperasi yang dianggap berprestasi itu adalah Koperasi Primer Koperasi Kepolisian Resor Aceh Tamiang, Koperasi Serba Usaha Tunas Mandiri Pidie Jaya, Koperasi Pegawai Negeri Indakop Banda Aceh, Koperasi Konsumen Madrasah Ulumul Quran Pagar Air Aceh Besar, Primer Koperasi Kepolisian Resor Langsa, dan Koperasi Karyawan Bukopin Banda Aceh.

Koperasi lain yng ikut serta adalah Primer Koperasi Kartika Kapota Yudha Banda Aceh, Koperasi Kopi Wanita Gayo Bener Meriah, Koperasi Primer Kartika Hesti Wira Sakti Banda Aceh, Koperasi Maritim Jaya Abadi Aceh Timur, Koperasi Pertanian Geunang Jaya Aceh Barat Daya, Koperasi Karyawan BRI Banda Aceh, Koperasi Karyawan PT Semen Andalas Indonesia Aceh Besar, dan Koperasi Konsumen Insan Cendekia Syariah Aceh Timur.

 

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button