Bener MeriahGAYO

Koperasi Permata Gayo Perkenalkan Keberadaan Dewan Pemuda yang Terlibat di Kepengurusan

Penulis: Zuriana Munthe

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Koperasi Permata Gayo (KPG) melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-XI di Gudang KPG Ujung Gele, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Selasa (9/3/2021).

Pada kesempatan itu, Ketua KPG, Ir Armia mengatakan, rapat itu dihadiri oleh para kolektor KPG dan 64 delegasi yang mewakili 2300 petani dari 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

“RAT ini bertujuan untuk Laporan Pertanggungjawaban kepengurusan, serta membuat rencana kedepannya” Ujar Armia, dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Acara ini dihadiri oleh Kadis Dinas Koperasi dan UKM dan Kepala Dinas Perhutanan Bener Meriah.

Koperasi Permata Gayo terang Armia, berdiri sejak 2006, dan merupakan salah satu koperasi yang mengekspor langsung kopi Gayo ke Amerika, Australia, Eropa, serta mancanegara.

Ia juga mengungkapkan bahwa KPG juga terkena dampak Covid 19 selama pandemi berlangsung sejak pertengahan 2020.

“Akibatnya, permintaan terhadap kopi Gayo menurun sedangkan produksi tetap, inilah yang menjadi faktor utama turunnya harga kopi di Gayo, jika dulu harga kopi Rp12.000-Rp14.000, maka kini hanya berkisar 6.000-7.000 rupiah.

“Dulu KPG bisa mengekspor 1500 ton, kini hanya bisa mengekspor 1300 ton kopi,” ungkap Armia.

Oleh karenanya omzet KPG turun mencapai 30 persen, pada diawal bisa mencapai 150 miliar, kini hanya bisa mendapat 105 miliar saja.

Ia juga mengungkapkan bahwa keterlibatan pemuda dalam membangun koperasi tersebut, dengan memasukkan kalangan muda sebagai pengurus.

“Atau yang disebut Dewan Pemuda. Sambutan ini dilakukan oleh salah satu delegasi yaitu saudara Riski Ahmad,” ungkap Armia.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bener Meriah, Abadi mengungkapkan tentang keberadaan koperasi di daerah itu. Ia juga menyebut beragam potensi keberadaan koperasi yang berkontribusi untuk pembangunan di daerah.

“Dari 250 koperasi, KPG meraih urutan ke-8 yang melaksanakan RAT tahun ini,” Abadi.

 

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button