GAYOKopiTakengon

Koperasi TaGaMu Salurkan Bantuan kepada 764 Petani Kopi di Takengon

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Koperasi Tanoh Gayo Mutuah (TaGaMu), menyalurkan bantuan sembako kepada 764 petani yang tersebar di 13 desa yang ada di 4 Kecamatan.

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Koperasi TaGaMu kepada para anggota yang telah berpartisipasi di koperasi tersebut selama tahun 2020.

Koperasi yang berdiri pada 7 Juli 2019 itu telah menyalurkan bantuan berupa beras, gula, minyak, dan lain sebagainya tersebut telah disalurkan selama dua tahap, yakni pada 2020 dan Maret 2021.

“Kita memberikan bantuan kepada para petani yang sudah bergabung menjadi anggota TaGaMu. Harapannya, mereka ke depan dapat meningkatkan partisipasi kepada koperasi, sehingga koperasi kita memperoleh sertifikat yang lain,” ujar ketua Koperasi TaGaMu, Safrizal Bahri, usai proses penyerahan sembako tersebut, Rabu (31/3/2021).

Foto bersama pengurus dan petani Koperasi TaGaMu, Rabu (21/3/2021).

Selama ini jelas Safrizal Bahri, pihaknya membuka pintu bagi masyarakat yang ini bergabung dengan koperasi itu selama calon anggota memiliki lahan sendiri, dan tidak masuk dalam kawasan hutan lindung.

Anggota Koperasi TaGaMu tersebar di Kampung Ratawali, Dedingin, Wih Nongkal, Bukit Sama, Kelupak Mata, Atang Jungket, Lenga, Arul Latong, Wih Porak, Burni Bius, Sanehen, Wih Pesam, Wih Durin.

Sementara itu seorang penggagas berdirinya koperasi TaGaMu, Basrizal Aman Lisa mengatakan, koperasi yang berkantor di Dusun Paya Serngi, Kampung Timangan Gading, Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah tersebut, didirikan sebagai bentuk kepedulian kepada petani agar dapat meningkatkan pengelolaan dan pembangunan kebun kopi.

“Dengan demikian, petani dapat meningkatkan perekonomiannya,” jelas Basrizal yang akrab disapa Pak Lisa itu.

Selain itu Basrizal juga mengaku memiliki hubungan baik dengan PT Olam Indonesia, yang sudah bekerjasama dengannya selama 13 tahun.

“Saat ini Koperasi TaGaMu masih memiliki satu sertifikat, yaitu Rain Forest Alliance (RFA), bukan mustahil, dalam waktu dekat akan memeroses pembuatan sertifikat lain, yaitu C.A.F.E practices dengan PT Olam Indonesia,” ungkapnya.

 

 

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button