Acehlingkungan

Kurangi Sampah Plastik, Danrem 011/Lilawangsa Wajibkan Prajurit TNI Bawa Botol Air Saat Bekerja

Penulis: Iwan Bahagia

LHOKSEUMAWE, SUARAGAYO.Com – personel TNI Korem 011/ Lilawangsa dan Satuan Jawatan (Disjan) Lhokseumawe meulai membawa botol air minum saat berdinas dalam maupun luar kantor.

Hal itu dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah kerusakan lingkungan akibat sampah plastik umumnya di Lhokseumawe, khususnya di lingkungan Markas Korem 011/ Lhokseumawe.

“Dua tujuan dianjurkan setiap prajurit TNI dan ASN membawa botol air minum saat melaksanakan dinas, manfaat pertama adalah mencukupi Konsumsi air putih pada tubuh manusia. Dalam kondisi normal, tubuh kita membutuhkan sekitar 2 liter asupan cairan agar dapat bekerja lebih optimal, apalagi jika beraktifitas fisik, tentunya lebih dari itu,” kata Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro, melalui siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (9/4/2021).

Ia menyebutkan, prajurit maupun ASN yang rajin mengkonsumsi air putih, berarti telah menjalankan salah satu gaya hidup sehat, apa lagi setiap prajurit TNI wajib melaksanakan olahraga sebelum melakukan aktivitas kantor atau kegiatan lainnya.

Sumirating Baskoro mengungkapkan, konsumsi air putih masih dianggap kurang penting oleh sebagian orang, akibatnya sering terjadi dehidrasi, seperti gangguan tenggorokan atau bibir kering, badan lemas, hingga menurunya suhu tubuh.

Selain dari pada itu kata dia, kurangnya komsumsi air dapat mengurangi tingkat konsentrasi dan aktivitas sehari-hari dapat terganggu.

Kemudian manfaat Kedua, Sumirating Baskoro menyebutkan protap membawa botol air betujuan untuk mengurangi sampah plastik, seperti yang banyak ditemukan di Wilayah Kota Lhokseumawe hingga saat ini.

“Dengan membawa botol air minum masing-masing dari rumah, tidak perlu lagi membeli air minum kemasan yang tentunya hanya akan menambah volume sampah plastik di sekitar kita,” ungkapnya.

Sumirating Baskoro mengajak prajuritnya menjadi contoh kepada masyarakat sebagai solusi pencegahan pencemaran sampah, sehingga lingkungan tetap bersih dan udara tetap segar. Selain itu, tanpa disadari berarti anggotanya sudah melakukan pola hidup sehat.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button