AcehGAYOTakengon

Layanan Telkomsel Putus Total di Gayo, Pendamping Desa Sulit Akses Informasi Kampung

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Jaringan Telkomsel tidak dapat diakses di Dataran Tinggi Gayo, sejak Pukul 14.30 WIB hingga Pukul 21.00 WiB, Selasa (11/8/2020).

Akibat hal itu banyak aktivitas warga yang terganggu. Diantaranya adalah pendamping desa.

Terhambatnya akses informasi baik pesan singkat, telepon maupun aplikasi daring, menganggu komunikasi antara pendamping desa dengan aparat kampung di Aceh Tengah.

“Sejauh ini kami terganggu dengan terputusnya informasi dari pendamping desa dengan aparatur kampung, demikian sebaliknya,” kata Bang Emir Hamdi, seorang tenaga Pendamping Desa Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut Emir, saat ini pihaknya menunggu terkait jadwal musyawarah seperti perubahan APB-Kampung 2020 dan pelaksanaan lainnya.

“Kalau jaringan komunikasi mati total seperti sekarang, kami tidak bisa rutin berkomunikasi. Apalagi ditengah Covid-19,” jelas Hamdi.

Informasi mengenai Covid-19 di desa menurut Emir juga terganggu, sebab perkembangan informasi penanggulangan Covid-9 di desa juga biasanya selalu menjadi pembahasan.

Apalagi ungkap Emir, saat warga di desa sedang melewati tatanan kehidupan baru selama pandemi Covid-19 berlangsung, sehingga harus didukung dengan komunikasi yang efektif dengan warga desa.

“Pencegahan, antisipasin tamu yang baru di desa harus dilaporkan ke gugus. Pendamping paling tidak berperan mendukung perangkat desa untuk bekerja menjalankan program penanganan Covid-19,” pungkas Emir.

Seperti diberitakan, warga di Aceh umumnya. Khususnya Takengon dan Bener Meriah tidak dapat menggunakan jaringan Telkomsel sejak selasa siang.

Gedung Telkom Terbakar di Pekan Baru, Komunikasi Warga di Gayo Terganggu

Sebab berdasarkan informasi yang diperoleh Suaragayo.com, gangguan jaringan Telkomsel terjadi setelah sebuah gedung milik Telkom terbakar di Pekanbaru, Selasa siang.

 

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button