Travel

Mari Bersiap Dukung Kampung Kerawang Gayo Sebagai Juara Destinasi Belanja API Awards 2020

Polling Dukungan akan Dibuka pada Agustus 2020

Press Realise

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Kabupaten Aceh Tengah yang berada di Dataran Tinggi Gayo (Datiga), Aceh, menyimpan beragam potensi wisata yang mempuni.

Sudah tentu Kopi Arabika Gayo menjadi komoditas utama yang gaungnya sudah mendunia.

Namun selain kopi, masih banyak ragam potensi lain yang tak kalah menarik untuk dinikmati.

Salah satunya adalah motif Kerawang Gayo. Motif ini telah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2014.

Motif kerawang menyimpan banyak pesan moral, petuah dan amanah leluhur masyarakat Gayo untuk generasi penerus.

Kini motif yang tergolong unik ini telah berkembang dalam tradisi dan Budaya Gayo masyatakat Gayo.

Masyarakat Gayo memahami betul makna motif kerawang yang beris prinsip-prinsip budaya, agama, adat istiadat sampai dengan cara mereka melakukan hubungan sosial.

Pada saat ini, motif Kerawang Gayo kerap ditemui dalam bentuk kain, tas, pakaian dan pernak pernik lain.

Meski begitu dulunya motif kerawang hanya dipakai sebagai ukiran pada rumah-rumah adat di Kabupaten Aceh Tengah, yang akhirnya memekarkan Kabupaten Bener Meriah yang kini masyarakatnya menggunakan motif yang sama.

Setiap wisatawan yang datang ke Aceh Tengah dapat melihat langsung keindahan Kerawang Gayo yang saat ini banyak dijual di Kampung Bebesen, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah yang sudah ditetapkan sebagai Kampung Kerajinan Kerawang Gayo oleh pemerintah.

Kampung Kerawang Gayo menjadi pusat keberadaan para pengerajin dan pusat pasar kerajinan kain atau aksesoris bermotif Kerawang Gayo.

Hampir sebagian masyarakat yang tinggal di sini berprofesi sebagai pengrajin kerawang sehingga dijuluki sebagai kampung kerawang.

Para pengrajin juga sudah banyak memiliki gerai sendiri sehingga hasil kerajinan tersebut langsung dipajang di etalase, dan pembeli siapapun bisa memilih.

Di sini pengunjung bisa menemukan berbagai produk kerajinan kerawang seperti kain, baju, tas, dompet, peci, gelang, dan berbagai jenis kerajinan lainnya yang berbentuk kerawang. Biasanya para wisatawan baik lokal maupun luar negeri akan datang kemari untuk berbelanja produk kerawang Gayo karena selain banyak jenisnya, harganya juga lebih murah.

Kini Kampung Kerawang Gayo masuk nominasi Destinasi Belanja dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards.

Pemenang akan diumumkan pada Februari 2021, setelah mengikuti voting melalui polling yang akan dilaksanakan Awal Agustus 2020.

Agar satu-satunya destinasi di Aceh Tengah yang masuk nominasi API itu, maka pendukung dapat menggunakan empat cara, yaitu melalui SMS Premium dengan mengetik API 5D dan mengirim ke 99386, Video Pariwisata di Youtube Channel APIaward dengan cara suscribe dan Like, selanjutnya dengan mengikuti akun Instagram @apiaward dan me like gambar nominasi   dan terakhir adalah dengan cara aplikasi Android.

Dinas Pariwisata Pariwisata Pemuda dan Olahraga selama ini gencar mempromosikan Kampung Kerawang Gayo Bebesen melalui Kompetisi Anugerah Pesona Indonesia 2020.

Bila COVID-19 telah berakhir, maka wisatawan pasti menjadikan Aceh Tengah sebagai destinasi utama untuk dikunjungi, karena daerah yang berada diwilayah tengah Aceh itu unik, menarik, penuh sejarah dan kuliner yang menggoda lidah wisatawan.

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button