BudayaGAYOTakengon

Mau Ikut Musikalisasi Puisi Mengenang Perjuangan Radio Rimba Raya? Berikut Caranya…

Rilis RRI Takengon

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Radio Republik Indonesia (RRI) Takengon akan menggelar kegiatan musikalisasi puisi mengenang perjuangan Radio Rimba Raya.

Kepala RRI Takengon, Muhsin Zein menyampaikan kegiatan digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Radio Republik Indonesia.

Selain itu jelasnya, kegiatan musikalisasi puisi turut mempromosikan Tugu Perjuangan Radio Rimba Raya di ajang Anugerah Pesona Indonesia ( API ) 2020, serta bentuk implementasikan komitmen RRI sebagai Media Pembangun Karakter Bangsa terutama bagi para Generasi Muda di masa sekarang.

“Bentuk kegiatan, nantinya dialog interaktif dan lomba musikalisasi puisi mengenang Perjuangan Radio Rimba Raya “ Dari Sini Indonesia Masih Ada “.

Dialog interaktif dengan topik “Mengenang Perjuangan Radio Rimba Raya dalam mengisi kemerdekaan di masa pandemi covid 19”.

Selanjutnya lomba musikalisasi puisi “Radio Rimba Raya Suaramu Begitu Dekat “ karya dari Bapak M. Rohanuddin ( Direktur Utama LPP RRI ) yang di ikuti Komunitas Seni / Sanggar yang ada di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah,” sebut Kepala RRI Takengon, Muhsin Zein

Tidak hanya menampilkan dialog dan lomba, jelas Muhsin Zein juga aka nada pertunjukan parade pembacaan puisi perjuangan Radio Rimba Raya oleh para tokoh publik dan seniman yang ada di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah (naskah puisi di sediakan Panitia).

Sementara itu Panitia kegiatan Gurniandi menyampaikan rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan di tugu Radio Rimba Raya di Kabupaten Bener Meriah pada Rabu 9 September 2020.

Tentang Lomba Musikalisasi Puisi

Terkait dengan Waktu Pendaftaran bagi peserta Lomba Musikalisasi Puisi “ Dari Sini Indonesia Masih Ada “ dilaksanakan mulai hari ini hingga tanggal 7 September 2020.
Tempat Pendaftaran RRI Takengon – Jalan Lembaga Kemili Kec. Bebesen Telp. (0643) 23456 – 2626248, Contact Person : Gurniandi No HP. 081317415100.

Gurni merincikan ketentuan lomba sebagai berikut:

1. Puisi (teks musikalisasi puisi) wajib adalah “ Dari Sini INDONESIA Masih Ada ” karya M. Rohanudin ( Dirut LPP RRI )

2. Naskah puisi disediakan oleh panitia)

3. Peserta lomba merupakan Komunitas Seni / Sanggar yang berasal dari Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah.

4. Setiap tim terdiri dari 5-7 orang.

5. Menjadikan seluruh teks puisi menjadi syair lagu, tetapi tetap harus terdapat unsur pembacaan puisi,  baik sebagai backsound maupun sela lagu.
6. Musik yang dibawakan harus aransemen sendiri dengan unsur etnik Gayo.

7. Menggunakan instrumen bebas tapi non-elektrik.

8. Durasi pementasan setiap naskah dari setiap grup maksimal 5 menit.

9. Panitia tidak menyediakan alat musik yang diperlukan oleh peserta.

10. Panitia tidak menyediakan transportasi dari dan ke lokasi acara di Tugu Radio Rimba Raya.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button