GAYOSosialTakengon

Mengintip Aksi Relawan “Berbagi Berkah” di Takengon, Bagi Sembako, Takjil Hingga Santuni Anak Yatim

Penulis: Raja Said M

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Koperasi Usaha Tani Gayo berkolaborasi dengan salah satu komunitas sosial di Aceh Tengah, menggelar kegiatan membagi berbagi berkah pada bulan ramadan 1442 hijriah, Sabtu (1/5/2021).

Kegiatan itu dimulai Pukul 15:00 WIB, diawali dengan menyalurkan sembako kepada sejumlah warga yang kurang mampu di sejumlah kampung. Kemudian personel Koperasi Usaha Tani Gayo langsung menyantuni anak yatim, dilanjutkan dengan berbagi ratusan takjil kepada masyarakat.

“Alhamdulillah di bulan ramadan ini kita semua tidak menyia-nyiakan waktu, ini adalah kegiatan kebersamaan kita disetiap bulan yang suci ini. Bahkan tidak hanya pada bulan suci ramadan. Bulan-bulan seperti biasanya kita juga melakukan kegiatan ini,” kata Rafiyandi kepada Suaragayo.com, usai kegiatan berlangsung, Jumat (30/4/2021).

Suasana pembagian sembako oleh relawan Berbagi Berkah di Takengon, Jumat (30/4/2021).

Sementara komunitas yang ikut serta dalam kegiatan ini merupakan komunitas yang belum terpublikasikan, karena memang terbentuk sebagai gerakan sosial.

“Namun di tahun ini komunitas tersebut berkolaborasi dengan Koperasi Usaha Tani Gayo untuk melakukan kegiatan santunan kepada anak-anak yatim yang tersebar di 12 kampung, kemudian ada 61 paket sembako untuk fakir miskin Yang tersebar di beberapa kecamatan,” ungkap Rafi yang juga Ketua Koperasi Usaha Tani Gayo itu.

“untuk target fakir miskin kita tidak ada menuntukannya, kampung mana aja Yang kita lihat ada masyarakat Yang fakir miskin, tetap kita kita berikan,” lanjutnya.

Sementara untuk kegiatan berbagi takjil dikawasan kota Takengon dan kampung yang bisa dijangkau dengan kedua tim yang berkolaborasi.

Rafi juga menuturkan komunitas ini sudah bergerak dari senjak tahun 2012 lalu, namun pihaknya bersepakat pada waktu itu tidak mempublikasikannya.

“Untuk saat ini kita juga akan terus menjaring generasi-generasi muda untuk bergabung dalam komunitas ini dan kedepan akan kita buat organisasinya,” ungkap Rafiyandi.

Senada dengan Rafiyandi, salah seorang relawan komunitas yang ikut serta dalam kegiatan itu, Mega Silfiany menyampaikan harapannya agar kedepan semakin banyak orang yang berpartisipasi dalam kegiatan serupa.

“Senang dan bahagia bisa berbagi terhadap sesama, semoga kedepan lebih banyak lagi orang-orang Yang mau berpartisipasi dalam kegiatan sosial bersama kami. Dan mau peduli terhadap sesama serta sadar akan saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dan santunan,” ungkap Mega.

Foto bersama relawan Berbagi Berkah dengan manajemen dan anggota koperasi Usaha Tani Gayo.

Namun karena berbagai pertimbangan, kegiatan pada tahun ini tak digelar seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab komunitasnya pernah menggelar donor darah.

“Namun meski begitu jika pun ada dari saudara-saudara yang membutuhkan darah kita tetap siap bantu dan bisa hubungi kita langsung,” terang Mega.

Selain itu, pihaknya akan mengembangkan sayap untuk kegiatan sosial hingga ke Bener Meriah

Usai penyerahan sembako dan berbagi takjil, serta menyantuni anak yatim, mereka lanjut untuk melakukan buka puasa bersama di salah satu cafe yang berada di Kampung Kebet, Becamatan Bebesen.***

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button