GAYOOlahragaTakengon

Mengintip Gairah Olahraga di Aceh Tengah, dari Arung Jeram, Petanque, Panjat Tebing Hingga Pencak Silat

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Geliat olahraga di Aceh Tengah kian gencar, meskipun COVID-19 belum berakhir.

Pelaksanaan beragam kegiatan itu merupakan program Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Tengah. Tak hanya satu, sejumlah event olahraga digelar secara berkelanjutan selama kurang lebih tiga bulan selama 2021.

Rangkaian kegiatan olahraga itu dinamai dengan multi event dan single event pra kualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra PORA) dan Piala Bupati Aceh Tengah untuk berbagai cabang olahraga, termasuk atraksi.

Dimulai dengan Petanque selama 10 hari pada September lalu di Lapangan Musara Alun, Takengon.

Kemudian dilanjutkan atraksi paralayang yang dilaksanakan Dinas Pariwasata Aceh Tengah pada bulan yang sama.

Kemudian disusul multi event dan single event seleksi Pra PORA dan perebutan Piala Bupati Aceh Tengah Cabor Arung Jeram yang digelar se-Aceh oleh Dispora setempat.

“Kemudian kami menggelar event Piala Bupati Aceh Tengah Cabor Catur, Piala Bupati Aceh Tengah Cabor Panjat Tebing, lalu Piala Bupati Cabor Panahan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Zulfan Diara Gayo, ditemui di Sekretariat KONI Aceh Tengah, Kamis (2/11/2021).

Dispora juga menggelar event latihan bersama Pacuan Kuda Tradisional Gayo selama empat hari di Lapangan M Hasan Gayo, Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, yang diikuti puluhan kuda dengan sejumlah kelas pada November 2021.

Event Piala Esport Aceh Tengah juga digelar oleh Dispora untuk kelas  pertandingan Mobile Legend Bang Bang (MLBB) yang diikuti 50 lebih tim, dan Efootball 2021 yang diikuti 32 peserta.

“Kami juga menggelar Piala Bupati Aceh Tengah dan seleksi Pra PORA untuk Cabor Pencak Silat. Pra PORA ini sudah digelar pada 19-22 November, kemudian Piala Bupati Aceh Tengah antar perguruan pencak silat di daerah ini kami gelar selasa 23 hingga 25 November 2021,” sebut Zulfan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, ungkap Zulfan, juga mengadakan event Piala Bupati Aceh Tengah Cabor Tenis Lapangan.

“Kami sedang persiapkan untuk tenis lapangan, dan ini merupakan event terakhir olahraga,” lanjut Zulfan.

Menurutnya, meskipun pandemi COVID-19 masih berlangsung, pelaksanaan Multi Event dan Single Event Piala Bupati Aceh Tengah dan seleksi Pra PORA 2021 dianggap sebagai salah satu untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

“Olahraga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas, tentu dengan protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah,” sebut Zulfan.

Ia mengklaim, meskipun pelaksanaan kegiatan tersebut melibatkan orang banyak, namun dengan gencarnya vaksinasi yang dilakukan berbagai pihak, Aceh Tengah termasuk daerah yang angka kasusnya turun selama beberapa bulan terakhir.

“Alhamdulillah angka positif terus turun di Aceh Tengah. Ini kabar baik. Tentu selain vaksinasi, olahraga merupakan salah satu solusi mencegah penyebaran COVID-19. Apalagi Pak Bupati meminta harus diperketat protokol kesehatan,” paparnya.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button