BudayaGAYOTakengon

Mengintip Kearifan Lokal Kampung Toweren, Dilarang Bertani saat Hari Jumat dan Rabu Nas

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Hari Jumat ternyata memiliki kekhususan bagi warga Kawasan Toweren, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

Sebab kegiatan pertanian seperti berkebun, besawah serta mencari ikan tidak boleh dilakukan oleh warga yang berdomisili di pinggiran Danau Lut Tawar tersebut.

“Hari Jumat warga tidak diperbolehkan berume (bersawah) dan berempus (bekebun). Karena hari itu hari khusus umat islam,” kata Kejurun Blang Toweren, Yusuf Syah Aman Kasran, Minggu (24/1/2020).

Kejurun Blang adalah seorang tokoh yang memiliki ilmu perbintangan dan peramal keadaan cuaca, yang terlibat dalam penentuan jadwal berume.

Kebiasaan tersebut sudah berlangsung puluhan tahun, sehingga menjadi aturan lisan yang tak boleh dilanggar oleh warga empat desa di Toweren maupun warga yang memiliki lahan di kawasan itu.

Hal tersebut dikatakan dalam sebuah pertemuan antara sejumlah civitas akademik Universitas Gajah Putih (UGP) Takengon dengan Civitas akademik UTU Meulaboh serta pegiat wisata yang lama berdiam di Bali, Win Wan Nur serta pegiat LSM, Afrizal dengan Reje Kampung Toweren Owaq dan anggota RGM Toweren Owaq.

Pada pertemuan yang berlangsung sederhana di kawasan Kala Toweren itu, Yusuf menjelaskan bahwa masyarakat setempat juga melarang kegiatan bertani dan besawah Rabu Nas. Hari ini merupakan hari Rabu pada minggu terakhir pada hitungan kalender hijriah.

“Pada setiap rabu akhir kalender bulan arab yakni tanggal 29 atau 30 yang bertepatan dengan Hari Rabu, maka warga tidak diperbolehkan melakukan kegiatan ke kebun maupun ke sawah,” lanjut Pak Yusuf Syah Aman Kasran.

Hari yang dipantangkan untuk berkebun dan turun ke sawah dan pekerjaan terkait pekerjaan lain diluar rumah adalah saat seorang warga setempat meninggal dunia.

Hal itu selain untuk menghargai dan dalam suasana duka, warga setempat tidak berani melakukan kegiatan karena takut terjadi sesuatu bencana kepada pelanggarnya.

 

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button