Bener MeriahEdukasiGAYO

Nuzulul Qur’an di Masjid Nur Nabawi, Sarkawi Ungkap saat Belajar Era ‘Generasi Rotan’

Penulis: Iwan Bahagia

SERULE KAYU, SUARAGAYO.Com – Sarkawi mengikuti dan mengikuti acara Nuzulul Qur’an Tahun 1442 hirjiah atau 2021 masehi Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan itu berlangsung di Masjid Nur Nabawi, Komplek Perkantoran Serule Kayu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah, Kamis (29/4/2021).

Saat memberi sambutan, Sarkawi mengungkap ulang perkataan Menteri Agama RI pada 2020 saat masih dijabat oleh Fachrul Rozi. Menag kala itu menjelaskan, bahwa 65 persen penduduk Indonesia masih buta huruf al-quran.

Hal itu menurut hasil penelitian ilmu al Qur’an, sedangkan sisanya 35 persen juga terbagi. Ada yang bisa membaca dengan baik dan ada yang kurang fasih. Sarkawi berharal semoga yang 65 persen tersebut tidak terjadi di Bener Meriah.

Lebih lanjut Bupati Sarkawi mengatakan, saat ini di Bener Meruah sudah berdiri Tempat Pengajian Al-Qur’an (TPA). Itu belum membuat yang belajar di rumah masing-masing.

Pemerintah daerah terang dia, juga menyediakan anggaran untuk membantu para guru-guru TPA se-Kabupaten Bener Meriah.

“Dengan demikian tentu kita semua berharap yang terjadi di tingkat Nasional itu tidak terjadi di Kabupaten Bener Meriah ini,” ucap Sarkawi.

Ditegaskan Bupati, pintu gerbang utama untuk menimbulkan rasa cinta kepada al-qur’an yaitu mampu membaca al-qur’an dengan baik dan benar.

Sehingga kalau sudah buta aksara al-qur’an, permasalahan yang akan menjadi berbeda. Sehingga sudah menjadi tugas bersama antara pemerintah dengan masyarakat, demikian dengan para alim ulama.

“Para guru hari ini harus terus berinovasi bagaimana caranya agar anak-anak dan kita semua agar mudah dalam membaca Al-Qur’an, kalau kami dahulu itu termasuk“ Generasi Rotan ”. Itu adalah salah satu cara guru untuk mempercepat pandai membaca Al-Quran, dan zaman sekarang itu tentu sudah jauh berbeda, ”papar Bupati.

Sementara Kepala Dinas Syariat Islam, Taslim, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan nuzulul qur’an itu dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Hari Besar Islam (HBI) nuzulul qur’an berdasarkan DPA Dinas Syariat Islam Kabupaten Bener Meriah tahun 2021, merupakan salah satu kegiatan rutin Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah setiap tahun, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Ramadhan.

Tahun 2020, Pemkab Bener Meriah memgambil tema “Al qur’an sebagai Sumber inspirasi sukses dalam
Kehidupan,” kata Taslim.

Penceramah dalam kegiatan itu, Abdurrahman Lamno mengupas tentang pentingnya al-qur’an dalam kehidupan masyarakat.

Selain itu, panitia juga menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada para lomba Asmaul Husna BKMT bertajuk “Raih Ramadan Raih Ukhuwah” Tingkat Kabupaten Bener Meriah Tahun 2021 secara virtual. Pada saat itu diumumkan Juara BKMT Kecamatan yaitu: Juara Harapan III Kecamatan Permata, Harapan II Kecamatan Syiah Utama, Harapan I Kecamatan Timang Gajah.

Sedangkan Juara III diperoleh Kecamatan Bukit, Juara II Kecamatan Bandar dan Juara I didapatkan Kecamatan Bener Kelipah. Hadiah langsung diserahkan oleh Ketua BKMT Kabupaten Bener Meriah Nikmah Sarkawi dan Wakil Ketua Suryati.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button